fbpx

Memahami Apa itu Subjek dan Objek dalam Penelitian

31
Jan 2024
Author : Muh. Son Aghni
View :134x

Hai EduPartner, kali ini kita akan membahas topik yang sangat penting dalam dunia riset, yaitu memahami apa itu subjek dan objek penelitian. Dalam prosesnya, subjek dan objek memiliki peran yang sangat berbeda namun saling terkait.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara detail dan memberikan penjelasan mengenai pengertian dan juga perbedaan dari keduanya. Jadi, yuk kita kita pelajari lebih dalam melalui artikel ini yaa, EduPartner!

Apa itu Subjek dan Objek Penelitian?

Subjek penelitian adalah pihak-pihak yang dijadikan sebagai sampel dalam sebuah riset. Menurut Kamus Bahasa Indonesia, subjek penelitian merujuk pada benda, tempat, orang yang akan teliti. Sedangkan menurut Sugiyono, adalah sasaran ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu tentang sesuatu hal objektif, valid dan reliable tentang suatu hal (variabel tertentu).

Subjek ini yang dikenal sebagai subjek manusia, partisipan, atau sukarelawan studi, tidak hanya memberikan tanggapan dan informasi penting, tetapi juga berperan dalam memberikan masukan kepada peneliti. Contoh subjek dalam riset adalah mahasiswa tingkat akhir jurusan psikologi yang sedang menjalani skripsi tentang pengaruh media sosial terhadap kesejahteraan mental.

Objek penelitian merupakan aspek yang menggambarkan apa atau siapa yang menjadi fokus dalam sebuah riset. Menurut Kamus Bahasa Indonesia, objek penelitian adalah sasaran dalam riset itu sendiri. Sedangkan menurut Sugiyono adalah suatu atribut atau sifat dari orang, objek, atau kegiatan dalam riset. 

Dalam konteks penulisan makalah, objek penelitian mendukung dan menjelaskan alat, data, pertanyaan, dan langkah-langkah yang diambil untuk mencapai hasil akhir suatu riset. Objek dalam riset ini cenderung bersifat abstrak dan tidak dapat diobservasi langsung, sehingga diperlukan analisis dan riset untuk memahaminya lebih lanjut. Contoh objek dalam riset adalah penggunaan media sosial di kalangan mahasiswa tingkat akhir jurusan psikologi.

Memahami Apa itu Subjek dan Objek dalam Penelitian.
Memahami Subjek dalam Penelitian.
Memahami Objek dalam Penelitian.
Subjek Penelitian.
Objek Penelitian.
Penelitian. Riset.
Image from Unsplash.com

Perbedaan Subjek dan Objek Penelitian

a. Fokus

Sebagai mahasiswa, memahami fokus riset pada subjek sangatlah penting. Ini mencakup identifikasi detail tentang individu, kelompok, atau fenomena yang menjadi pusat perhatian. Misalnya, dalam riset tentang kepuasan mahasiswa terhadap pembelajaran daring, subjek nya dapat difokuskan pada partisipasi dan pengalaman langsung mahasiswa.

Sebaliknya, objek nya sendiri menetapkan fokus pada aspek konkretnya, seperti program, kebijakan, atau fenomena tertentu. Dalam contoh riset kepuasan mahasiswa, objek tersebut mungkin melibatkan evaluasi mendalam terhadap platform pembelajaran daring yang digunakan, menyoroti aspek teknis dan keefektifan program tersebut.

b. Peran

Mahasiswa sebagai subjek nya tidak hanya memberikan data, tetapi juga berperan aktif dalam memberikan sudut pandang dan interpretasi unik. Mereka menjadi sumber informasi yang hidup dan memainkan peran dalam memberikan dimensi manusiawi pada riset.

Sementara itu, objek nya berperan sebagai titik fokus yang diamati dan dianalisis. Dalam hal riset kepuasan mahasiswa, objek tersebut mungkin mencerminkan hasil survei atau evaluasi performa pembelajaran daring.

c. Pemilihan dan Inklusi

Pemilihan subjek dalam riset mencakup identifikasi karakteristik spesifik individu atau kelompok yang relevan dengan topik dalam riset tersebut. Dalam konteks mahasiswa, pemilihan dapat dilakukan berdasarkan jurusan, tingkat semester, atau pengalaman pembelajaran.

Pemilihan objek nya berfokus pada elemen atau variabel tertentu yang ingin diteliti. Dalam riset kepuasan mahasiswa, pemilihan objek dapat mencakup aspek-aspek tertentu dari platform pembelajaran daring, seperti antarmuka pengguna (user interface) atau respon kebijakan.

d. Generalisasi Hasil

Mahasiswa sebagai subjek penelitian memungkinkan generalisasi hasil ke populasi yang lebih luas. Hasil dari studi mengenai kepuasan mahasiswa dapat memberikan wawasan yang lebih umum tentang preferensi dan tantangan yang dihadapi oleh mahasiswa pada umumnya.

Sebaliknya, generalisasi dari objek penelitian lebih fokus pada aplikasi hasilnya pada konteks atau kasus serupa. Misalnya, hasil riset kepuasan mahasiswa terhadap platform pembelajaran daring dapat diterapkan pada pengembangan atau perbaikan program serupa.

Kesimpulan 

Kesimpulannya dalam melakukan penelitian , memahami subjek dan objek sangatlah penting. Kedua hal ini saling terkait dan memiliki peran yang tidak bisa dipisahkan dalam prosesnya. Dengan memahami perbedaan di antara keduanya, peneliti akan dapat mengelola dan mengatur penelitian dengan lebih efektif. Selain itu, keberhasilan dalam memahami subjek dan objek juga akan berkontribusi pada kualitas hasil penelitian yang dilakukan.


Bingung dalam membuat menentukan subjek dan objek penelitian? Yukk Konsultasikan dengan Ahlinya!

Kamu masih bingung dalam menentukan subjek dan objek yang tepat untuk penelitian skripsi atau tesismu? Mau konsultasi dengan Dosen atau Praktisi akademik yang ahli di bidangnya? Tenang, kamu bisa konsultasikan dengan Konsultan Educativa.

Yuk hubungi Educativa sekarang, Konsultasi GRATIS!

Layanan konsultasi judul dan metode penelitian untuk skripsi, tesis, disertasi. Konsultasi menentukan metode penelitian. Konsultasi judul penelitian. Konsultasi metode ANOVA. Konsultasi analisis univariat dan multivariat. Konsultasi analisis data time series. Konsultasi cara menentukan metode penelitian yang tepat. Interpretasi Data

No Comments

Leave Comment