fbpx

7 Cara Menyusun Skripsi yang Baik & Benar, Agar Cepat Lulus

5
Apr 2023
CategoryArticle
Author : Muh. Son Aghni
View :269x

Kalau kamu mahasiswa, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya skripsi. Skripsi merupakan tugas akhir berupa karya tulis ilmiah yang harus dikerjakan oleh mahasiswa sebagai syarat kelulusan dari perguruan tinggi.

Skripsi bertujuan untuk menguji kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah atau topik yang telah dipilih dengan metode ilmiah yang sistematis. Selain itu, skripsi berfungsi sebagai dokumen arsip yang membuktikan perolehan gelar sarjana dan dapat menjadi landasan bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan atau memulai karir di bidang yang sesuai dengan jurusan yang diambil.

Cara Membuat Skripsi yang Baik dan Benar

Image from pexels.com

Pembuatan skripsi terkadang menjadi momok bagi mahasiswa di Indonesia. Beberapa mahasiswa sering terlihat kesulitan dan kebingungan dalam penyusunan skripsi maupun isi skripsi mereka. Oleh karena itu, kamu yang sedang atau akan menyusun skripsi, harus paham bagaimana cara membuat skripsi yang baik dan benar. Tenang saja, di sini kita akan membahas cara membuat skripsi yang baik dan benar agar kamu cepat lulus. Yuk, simak langkah-langkahnya di bawah ini!

1.       Menentukan Judul dan Topik Skripsi

Menentukan judul dan topik skripsi merupakan langkah pertama yang harus dilakukan. Pilihlah topik yang kamu minati dan cocok dengan jurusan yang kamu ambil. Hal ini akan membantumu untuk lebih mudah meneliti dan menyelesaikan skripsimu. Pastikan judul skripsimu jelas dan sesuai dengan topik yang kamu angkat, agar tidak menyimpang dari arah penelitian.

2.       Pemilihan Dosen Pembimbing

Penting bagi kamu untuk memilih dosen pembimbing yang sesuai dengan bidang skripsimu agar bisa membuat skripsi yang baik dan benar. Rekomendasi dari dosen atau teman yang sudah menyelesaikan skripsi sebelumnya bisa menjadi referensi kamu. Dosen pembimbing yang cocok juga akan membantu kamu dalam mengembangkan ide, memberikan saran, dukungan motivasi dan membantu menyelesaikan skripsi tepat waktu untuk meningkatkan peluangmu lulus dengan cepat.

3.       Membuat Kerangka Penelitian

Setelah topik terpilih, buatlah kerangka penelitian skripsimu. Kerangka ini akan membantu kamu dalam menyusun skripsi dan memastikan agar skripsimu terstruktur dengan baik. Biasanya kerangka penelitian akan dibagikan ke dalam mata kuliah Metodologi Penelitian di kampus. Secara umum, kerangka penelitian skripsi sebagai berikut: 

Cover Judul (Topik Penelitian)

Daftar Isi

Bab I – Pendahuluan

A. Latar Belakang
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan Penelitian 
D. Manfaat Penelitian
E. Sistematika Penulisan 

Bab II – Landasan Teori

A. Kerangka Teori
B. Tinjauan Pustaka
C. Hipotesis  

Bab III – Metodologi Penelitian 

A. Pendekatan Penelitian
B. Jenis Penelitian
C. Metode Penelitian
D. Teknik Pengumpulan Data
E. Teknik Analisis Data

Bab IV – Hasil Penelitian Dan Pembahasan 

A. Gambaran Umum
B. Analisis Data

Bab V – Penutup

A. Kesimpulan 
B. Saran

 Daftar Pustaka

 Lampiran-Lampiran lain 

4.       Sidang Proposal

Sidang proposal adalah tahap penting dalam pembuatan skripsi. Kamu harus mempresentasikan proposal dan mempertahankan ide-ide di hadapan dosen dan rekan sejawat. Persiapkan materi presentasi secara matang dan tunjukkan kemampuanmu dalam berbicara di depan umum. Jangan lupa juga untuk mendengarkan kritik dan saran dari dosen dan rekan sejawat.

5.       Bimbingan Dosen dan Revisi Proposal

Setelah proposal disetujui, kamu akan mendapatkan bimbingan dari dosen pembimbing. Pada tahap ini, kamu akan diarahkan untuk melakukan penelitian dan pengumpulan data. Pastikan kamu melakukan revisi proposal dan memperbaiki masalah-masalah yang ditemukan.

6.       Penulisan dan Penjilidan

Setelah semua data terkumpul, langkah selanjutnya adalah penulisan dan penjilidan, kamu perlu memperhatikan format penulisan dan warna sampul saat penjilidan yang telah ditetapkan oleh perguruan tinggi. Meskipun terlihat sepele, hal tersebut penting agar skripsimu dapat diterima dan diakui sebagai karya ilmiah yang bermutu. Jangan lupa untuk memperhatikan hal ini agar kamu dapat menyelesaikan skripsimu dengan sukses dan memperoleh gelar sarjana di bidang yang kamu ambil.

7.       Sidang Akhir

Tahap akhir dalam membuat skripsi adalah sidang akhir, di mana kamu akan mempresentasikan hasil penelitianmu di hadapan dosen dan penguji. Persiapkan presentasi yang jelas dan terstruktur, serta siapkan jawaban yang mungkin akan ditanyakan oleh penguji. Jangan lupa untuk memperhatikan etika berbicara dan berpakaian agar kamu memberikan kesan yang baik. Dengan persiapan yang matang dan presentasi yang baik, kamu dapat memastikan kelulusan dan nilai yang baik untuk skripsimu.

Itulah langkah-langkah membuat skripsi yang baik dan benar agar kamu cepat lulus. Ingat, menulis skripsi membutuhkan kesabaran dan ketelitian. Jangan ragu untuk meminta bantuan dari dosen pembimbing atau teman jika kamu mengalami kesulitan.

Nah, kamu masih bingung gak, nih? Educativa di sini siap membantu kamu, loh, dalam bimbingan konsultasi dan penyusunan skripsi. Kamu bisa menghubungi WA Educativa, ya! Kami siap membantu! 😉

1 Comment

[…] metode penelitian sangat penting untuk dipahami. Tak hanya berguna sebagai panduan dalam menyusun skripsi, metode penelitian juga berfungsi untuk memudahkan peneliti dalam membuat strategi, menetapkan […]

Reply

Leave Comment