fbpx

Hanya 6% Penduduk Indonesia Yang Menempuh Bangku Kuliah

17
Feb 2023
CategoryArticle
Author : Admin Educativa
View :892x

Halo EduPartner! Pendidikan adalah salah satu modal penting untuk meningkatkan kualitas kehidupan individu, masyarakat, dan negara. Salah satu caranya adalah melalui pendidikan tinggi atau kuliah. Namun, EduPartner tahu nggak sih bahwa saat ini hanya sekitar 6% penduduk Indonesia yang sudah menempuh bangku kuliah.

Berapa banyak penduduk yang menempuh pendidikan di Indonesia?

Menurut data Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), penduduk Indonesia berjumlah 275,36 juta jiwa pada tahun 2022.

Dari jumlah tersebut hanya 6,41% yang sudah mengenyam pendidikan sampai perguruan tinggi. Rinciannya, yang berpendidikan D1 dan D2 proporsinya 0,41%, kemudian D3 sejumlah 1,28%. S1 sejumlah 4,39%, S2 sejumlah 0,31%, dan hanya 0,02% penduduk yang sudah mengenyam pendidikan jenjang S3.

Sampai akhir tahun 2022, penduduk Indonesia yang berpendidikan hingga Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) ada sebanyak 20,89%. Kemudian yang berpendidikan hingga Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) sebanyak 14,54%.

Sementara itu, 23,4% penduduk Indonesia merupakan tamatan Sekolah Dasar (SD). Ada pula 11,14% yang belum tamat SD, dan penduduk yang tidak sekolah/belum sekolah mencapai 23,61%. Artinya, mayoritas penduduk Indonesia tidak sekolah/belum sekolah.

Bagaimana dengan negara lain?

Sebagai perbandingan, jumlah penduduk yang menempuh pendidikan tinggi di Amerika Serikat adalah sebesar 27.2%. Di negara Asia seperti Jepang, persentasenya jauh lebih tinggi yaitu 53.7%. Sedangkan negara Singapura yang berada di Asia Tenggara memiliki tingkat persentase jumlah penduduk yang menempuh pendidikan tinggi sebesar 41.6%.

Mengutip dari statista.com, per Desember 2022, 41,6 persen angkatan kerja di Singapura memiliki gelar sarjana atau lebih tinggi (magister atau doktoral). Singapura telah meningkatkan pangsa pemegang gelar dalam angkatan kerja dalam beberapa dekade terakhir, meningkatkan keterampilan tenaga kerjanya untuk memenuhi tuntutan ekonomi yang lebih canggih.

Siswa muda belajar, rak buku perpustakaan, mahasiswakuliah pendidikan tinggi
Mahasiswa yang menempuh pendidikan tinggi, sedang berada di perpustakaan kampus.

Apakah kuliah itu penting?

Memang, bagi sebagian orang, menjalani kuliah atau menempuh pendidikan tinggi menjadi bekal yang penting untuk karir masa depan. Dengan kompetensi yang dimiliki dari lulusan perguruan tinggi. Kita bisa menjadikan kuliah sebagai solusi untuk mendapatkan pengetahuan, pengalaman, dan membantu meraih karir yang lebih baik.

Namun, sebagian orang lainnya beranggapan bahwa kuliah atau pendidikan tinggi bukanlah sebuah keharusan, karena kuliah hanyalah satu dari aneka cara seseorang bisa belajar. Sedangkan yang perlu diingat adalah tujuan akhir dari perkuliahan itu sendiri.

Nah, kalau menurut kamu gimana nih, EduPartner? Apa pendapatmu tentang pendidikan tinggi di Indonesia? Apakah pendidikan tinggi itu penting? Komen di bawah ini ya! 🙂

No Comments

Leave Comment