fbpx

87 Persen Mahasiswa Merasa Salah Jurusan, Apa Alasannya?

18
Apr 2023
CategoryArticle
Author : Admin Educativa
View :832x

Banyak mahasiswa yang memahami bahwa memilih jurusan kuliah di perguruan tinggi bukanlah keputusan yang mudah. Pemilihan jurusan harus mempertimbangkan minat, kemampuan, dan tujuan masa depan. Namun, kenyataannya sebagian besar mahasiswa Indonesia merasa salah jurusan.

Salah memilih jurusan bisa menjadi hal yang fatal. Terkadang, membuat keputusan yang tidak bertanggung jawab dapat menyebabkan salah memilih jurusan atau justru membuat kita tidak menikmati masa kuliah.

Jika kita salah memilih jurusan, maka kita akan kehilangan minat terhadap materi kuliah yang diajarkan. Akibatnya, kita akan merasa malas kuliah, entah itu saat masuk kelas, mengerjakan tugas, atau segala keperluan kuliah lainnya. Ini akan membuat kuliah semakin sulit.

Menurut Irene Guntur, psikolog pendidikan dari Integrity Development Flexibility (IDF), 87 persen mahasiswa yang salah jurusan ini diakibatkan oleh berbagai alasan.

Kok bisa ya begitu banyak mahasiswa yang merasa salah jurusan? Yuk cari tahu alasannya di bawah ini!

Mahasiswa belajar, merasa salah jurusan, pusing mengerjakan tugas kuliah.

1. Karena Ikut-ikutan Temen, Akhirnya Salah Jurusan

Alasan pertama mahasiswa salah jurusan kuliah adalah saat mereka duduk di kelas 12 SMA, mereka hanya mengikuti teman-temannya. Alasan cuma “ikut-ikutan” ini bisa menjadi alasan yang tidak bertanggung jawab, karena keinginan memilih jurusan hanya berdasarkan tren atau validasi sosial semata.

Alih-alih mempertimbangkan sesuai dengan minat diri sendiri, banyak pelajar yang akhirnya memilih jurusan agar bisa bersama teman-teman mereka. Padahal, belum tentu jurusan yang dipilih tersebut disukai, apalagi sesuai dengan tujuan masa depan.

Ketika memasuki kuliah dan mulai beradaptasi dengan pendidikan tinggi, mereka baru menyadari ada yang tidak disukai dari mata kuliah jurusan tersebut. Namun, mereka tidak mau pindah jurusan dengan alasan mereka merasa membuang-buang waktu jika memilih dan mempelajari jurusan baru.

2. Kebanyakan Menerima Saran, Akhirnya Terburu-buru Memilih Jurusan

Memasuki tingkat akhir SMA, beberapa siswa menerima terlalu banyak saran atau nasihat dari berbagai pihak. Mulai dari tawaran kuliah di luar negeri, tawaran pertemanan, ataupun jurusan kuliah yang menjanjikan.

Ketika memiliki banyak pilihan, banyak siswa yang akhirnya memilih dengan terburu-buru tanpa rencana matang. Alhasil mereka baru menyadarinya saat sudah memasuki kuliah bahwa jurusan tersebut kurang disukai.

3. Karena Penawaran Beasiswa, Akhirnya Diterima Aja Yang Penting Bisa Kuliah Gratis

Meski kurang disukai tapi sebagian mahasiswa mengambil jurusan karena ditawari beasiswa. Karena beberapa siswa berpikir untuk tidak ingin menghabiskan uang atau percaya bahwa beasiswa akan menghemat uang.

Namun, pada akhirnya ketika mereka terbebas dari biaya kuliah, banyak pelajar yang tidak terbebas dari salahnya jurusan yang diambil.

Maka dari itu, penting untuk siswa memilih beasiswa dengan jurusan kuliah yang paling diminati dan sesuai dengan bakat yang dimiliki.

4. Alasan Orang Tua Juga Kerap Mengakibatkan Mahasiswa Akhirnya Merasa Salah Jurusan

Alasan yang terakhir mungkin menjadi alasan yang paling banyak dirasakan oleh banyak mahasiswa. Beberapa siswa mempelajari jurusan yang tidak mereka sukai karena itu adalah cita-cita atau impian orang tua mereka.

Pertimbangan orang tua sangat penting karena mereka memiliki pengalaman yang belum dimiliki siswa. Namun, hal terpenting siswa bisa memilih jurusannya sendiri berdasarkan minat dan tekadnya untuk mempelajari suatu hal.

Baca juga:
10 Jurusan Ini Banyak Dicari Perusahaan di Masa Depan, Pilih Mana?

Nah, itulah beberapa alasan mengapa banyak mahasiswa salah jurusan. Mulai sekarang, EduPartner yang ingin kuliah bisa pertimbangkan hal dengan matang agar tidak salah pilih jurusan kuliah, ya!

Kalau EduPartner sudah terlanjur menempuh bangku kuliah dan masih merasa “salah jurusan”, nggak usah khawatir! Kamu bisa konsultasikan permasalahan kuliahmu dengan Konsultan Educativa yang sesuai dengan bidangnya, supaya kamu bisa menyelesaikan tugas akhirmu dengan tuntas dan bisa mengejar karir impianmu, apapun jurusannya.

Yuk konsultasi gratis sekarang! 😍

Baca juga:
10 Jurusan Ini Banyak Dicari Perusahaan di Masa Depan, Pilih Mana?

No Comments

Leave Comment