fbpx

Inilah Software SPSS yang Harus Kamu Ketahui Kegunaannya

30
Nov 2023
CategoryArticle
Author : Muh. Son Aghni
View :264x

Kamu masih ngerasa bingung sama SPSS? Nah, MinVa disini bakal sharing tentang software yang keren ini lho! SPSS itu bukan cuma software buat analisis data saja, tapi bisa digunakan untuk berbagai macam bidang tentunya. Yukk belajar mulai dari sejarahnya, fitur, fungsi, kelebihan dan kekurangannya, serta gimana cara kerjanya melalui artikel ini!”

logo SPSS
Logo IBM SPSS

Apa itu SPSS?

SPSS adalah salah satu software yang digunakan untuk melakukan sebuah analisis statistik baik secara tepat, cepat dan akurat. Yang mana hasil analisisnya menghasilkan beragam output sesuai dengan kebutuhan penelitian. Platform ini sendiri dapat digunakan dan diakses oleh semua pengguna/user dengan semua tingkat keahlian, dan membantu pengguna dalam meningkatkan efisiensi dan meminimalkan resiko.

SPSS menjadi salah satu aplikasi pengolahan data dan analisis statistik yang cukup populer dan sering digunakan juga oleh para mahasiswa. Hal ini disebabkan karena software ini seringkali digunakan untuk mempermudah dalam proses pengolahan data itu sendiri, selain itu software SPSS sendiri juga sudah digunakan dalam berbagai macam bidang seperti: penelitian pasar, pengendalian, dan perbaikan mutu. Hasil output yang dihasilkan oleh program SPSS ini tentu saja sangat membantu dalam proses pengolahan data, sehingga hasil pengolahan data tersebut dapat dipertanggungjawabkan dan dipercaya.

Sejarah SPSS

SPSS dirilis pertama kali tahun 1968 setelah diciptakan dan dikembangkan oleh Norman Nie, seorang lulusan Fakultas Ilmu Politik dari Stanford University, yang sekarang menjadi Profesor Peneliti Fakultas Ilmu Politik di Stanford dan Profesor Emeritus Ilmu Politik di University of Chicago. SPSS diakuisisi oleh IBM Corporation seharga $1,2 miliar, dan pada 28 Juli 2009, SPSS sekarang dikenal sebagai PASW (Predictive Analytics SoftWare). SPSS adalah singkatan dari Statistical Package for the Social Sciences (atau  Statistical Product and Service Solutions) dan dapat digunakan untuk analisis statistik parametrik dan nonparametrik. 

Semula SPSS hanya digunakan untuk ilmu sosial saja, tapi perkembangan berikutnya digunakan untuk berbagai disiplin ilmu, sekarang kemampuan SPSS diperluas buat melayani berbagai jenis user, seperti buat proses produksi pada pabrik, riset ilmu sains serta lainnya. Bahkan mahasiswa yg akan melakukan olah data buat penelitian atau Skripsi. SPSS pertama kali ada dengan versi PC (mampu dipakai buat komputer desktop) dengan nama SPSS/PC+ (versi DOS). tetapi, menggunakan mulai populernya system operasi windows. SPSS adalah software yang dapat dijalankan di sistem operasi Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Mac OS, dan Linux. Untuk install versi terbaru program ini, kamu harus memiliki spesifikasi minimal intel atau AMD dengan memori RAM 1GB.

SPSS digunakan oleh peneliti pasar, peneliti kesehatan, perusahaan survei, pemerintah, peneliti pendidikan, organisasi pemasaran, dan sebagainya. Selain analisis statistika, manajemen data (seleksi kasus, penajaman file, pembuatan data turunan) dan dokumentasi data (kamus metadata ikut dimasukkan bersama data) juga merupakan fitur-fitur dari software dasar SPSS.

Fitur SPSS

Berikut adalah penjelasan lengkap untuk setiap fitur pada software SPSS:

  1. Data Editor
    Fitur ini memungkinkan user untuk melihat dan mengelola data dengan lebih mudah. User dapat memasukkan, mengedit, dan mengatur data dalam tampilan yang terstruktur.
  2. Viewer
    Viewer memungkinkan user untuk melihat hasil analisis dan output dari perintah-perintah yang telah dieksekusi dalam SPSS.
  3. Multidimensional Pivot Tables
    Fitur ini memungkinkan user untuk membuat tabel pivot multidimensional yang memudahkan dalam menganalisis dan merangkum data dari berbagai sudut pandang.
  4. High-Resolution Graphics
    SPSS menyediakan grafik dengan resolusi tinggi yang memungkinkan user untuk membuat visualisasi data yang jelas dan profesional.
  5. Database Access
    Kemampuan untuk mengakses database eksternal memungkinkan user untuk menggabungkan data dari berbagai sumber untuk analisis lebih lanjut.
  6. Data Transformation
    Fitur ini memungkinkan user untuk melakukan transformasi data, seperti penggabungan variabel atau perubahan format data, untuk mempersiapkan data agar siap untuk analisis.
  7. Electronic Distribution
    SPSS memungkinkan user untuk mendistribusikan hasil analisis dalam format elektronik, memfasilitasi berbagi hasil dengan mudah kepada pihak lain.
  8. Online Help
    Adanya bantuan online yang tersedia membantu user dalam memahami fungsi-fungsi dan cara penggunaan SPSS.
  9. Akses Data Tanpa Memerlukan Tempat Penyimpanan Sementara
    Fitur ini memungkinkan user untuk langsung mengakses data tanpa perlu menyimpannya di tempat penyimpanan sementara terlebih dahulu.
  10. Interface Memakai Database Relasional
    SPSS menyediakan interface yang memudahkan user untuk berinteraksi dengan database relasional untuk analisis data yang lebih kompleks.
  11. Analisis Distribusi
    Fitur ini memungkinkan user untuk menganalisis distribusi statistik dari data yang dimasukkan.
  12. Multiple Sesi
    User dapat membuka beberapa sesi kerja SPSS secara bersamaan, memfasilitasi pekerjaan multitasking atau analisis yang terpisah.
  13. Mapping
    SPSS menyediakan fitur pemetaan (mapping) yang memungkinkan user untuk membuat visualisasi data dalam bentuk peta untuk analisis spasial.

Fitur-fitur tersebut membuktikan bahwa SPSS tidak hanya menyediakan tools untuk analisis statistik yang kuat, tetapi juga berbagai kemampuan tambahan yang mendukung kebutuhan analisis data yang kompleks dan beragam.

Fungsi SPSS

SPSS memiliki beragam fungsi yang penting untuk kamu ketahui. Berikut penjelasan lebih rinci mengenai fungsi-fungsinya:

  • Pengolahan serta Pendokumentasian Data
    SPSS memungkinkan user untuk mengelola data dengan efisien, termasuk penyusunan data, pengubahan format, dan dokumentasi yang rapi untuk keperluan analisis.
  • Analisis Statistik
    Salah satu fungsi utama SPSS adalah melakukan berbagai jenis analisis statistik, mulai dari analisis deskriptif hingga analisis inferensial yang lebih kompleks.
  • Representasi Data Statistik
    Software ini memungkinkan representasi grafis dari data statistik, dengan berbagai jenis grafik dan visualisasi untuk membantu pemahaman dan komunikasi hasil analisis.
  • Analisis Data
    SPSS memfasilitasi proses analisis data yang mendalam, termasuk penggunaan teknik-teknik statistik untuk mendapatkan wawasan dari data yang tersedia.
  • Pembuatan Data Turunan
    User dapat membuat data turunan atau menghasilkan variabel baru dari data yang ada, misalnya, dengan membuat indeks atau skor gabungan dari variabel-variabel lain.
  • Survei
    Software ini dapat digunakan untuk merancang dan menganalisis data dari survei, baik survei kecil maupun survei yang lebih besar dengan skala yang kompleks.
  • Melakukan Riset Pemasaran
    SPSS sering digunakan dalam riset pemasaran untuk menganalisis data konsumen, perilaku pasar, dan trend-trend yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan bisnis.
  • Data Mining
    Fungsionalitas SPSS mencakup teknik data mining untuk mengeksplorasi dan menemukan pola-pola yang tersembunyi dalam data besar.
  • Membantu Pengambilan Keputusan Suatu Perusahaan
    Dengan analisis yang mendalam dan visualisasi data yang jelas, SPSS membantu perusahaan dalam membuat keputusan yang didasarkan pada bukti data yang kuat.

Fungsi-fungsi ini membuktikan bahwa SPSS bukan hanya sekadar tools untuk melakukan perhitungan statistik, tetapi juga sebagai platform yang kuat untuk analisis data yang mendalam dan berbagai kebutuhan riset dan pengambilan keputusan.

Kelebihan dan Kekurangan SPSS

Adapun kelebihan dan kekurangan dari SPSS sendiri adalah sebagai berikut:

Kelebihan:

  • SPSS sendiri cukup mudah digunakan, dimana user tidak perlu mempelajari bahasa pemrograman sehingga bisa dipergunakan dengan cara click mouse saja.
  • Tampilan data yang diberikan SPSS lebih informatif sehingga mempermudah user dalam membaca hasil yang diberikan.
  • SPSS mampu mengakses data dari berbagai jenis format yang ada, sehingga data yang sudah tersedia dalam berbagai format dapat digunakan langsung untuk melakukan analisis data.
  • Informasi yang diberikan lebih akurat, karena SPSS sendiri bisa memberikan informasi dengan memberikan kode alasan jika terjadi missing data.

 Kekurangan:

  • Software ini mempunyai tampilan yang user friendly akan tetapi program ini tetap tergolong rumit, user program ini minimal harus mengetahui ilmu statistik yang basic-nya untuk bisa menjalani program ini. Sehingga tidak mengherankan banyak seminar atau pelatihan yang khusus diadakan untuk program SPSS.
  • Software ini merupakan aplikasi statistika berbayar jadi untuk memperoleh lisensi resminya kamu diharuskan untuk membayarnya, jadi aktivitas SPSS download tidak boleh dilakukan sembarangan.
  • Software ini terus melakukan upgrade pada versinya sehingga tampilannya akan berbeda pada setiap versinya sehingga terkadang memerlukan adaptasi bagi para penggunanya.
  • Software ini ternyata kurang mampu dalam menangani data time series.
  • Terdapat banyak versi SPSS yang beredar, sehingga daam memilihnya kamu harus sesuaikan dengan komputer yang kamu gunakan.

Cara Kerja SPSS

SPSS merupakan software yang mampu mengakses dan memproses berbagai jenis data. Data dapat dimasukkan langsung ke dalam Data Editor SPSS. Bagaimanapun struktur dari file data mentahnya, maka data dalam Data Editor SPSS harus dibentuk dalam bentuk baris (cases) dan kolom (variables).Setiap case memuat informasi spesifik untuk satu unit analisis, sementara variabel adalah data yang terkumpul dari setiap kasus tersebut. Hasil analisis ditampilkan dalam SPSS Output Navigator. Sebagian besar prosedur dalam Base System menghasilkan pivot tables, yang bisa disesuaikan tampilannya sesuai kebutuhan. User dapat menyesuaikan output untuk memenuhi keperluan analisis yang diinginkan.

Kesimpulan

Kesimpulannya, SPSS merupakan tools analisis data yang sangat berguna tidak hanya dalam ilmu sosial, tetapi juga dalam berbagai bidang lainnya. Meskipun penggunaannya terkadang memerlukan pemahaman statistik yang lebih mendalam, fitur-fitur canggih yang dimilikinya dapat memberikan kontribusi besar dalam melakukan analisis data yang kompleks. Kelebihannya mencakup kemampuan untuk mengakses data dari berbagai format, namun demikian, pengguna perlu memperhatikan adaptasi terhadap berbagai versi yang digunakan. Overall, SPSS tetap menjadi tools yang sangat membantu dalam berbagai kegiatan analisis data dengan catatan sebagai user harus memahami penggunaannya dengan baik.


Mau belajar analisis data DARI NOL?

Kamu ingin kursus analisis data dari nol dengan software apapun yang kamu mau? Yuk ikuti Program EduCourse dari Educativa!

EduCourse adalah program kelas online eksklusif dari Educativa.id – Kursus Analisis Data No. 1 di Indonesia. Bersama dengan para expert yang merupakan praktisi berpengalaman, profesor/dosen, dan profesional di bidang Statistik dan Informatika, kami siap membimbing pembelajaran analisis datamu dari awal sampai jadi ahli!

Kursus bisa untuk beragam software seperti Microsoft Excel, SPSS, AMOS, SmartPLS, Eviews, Stata, RStudio, Python, Tableau, dan banyak lagi loh!

Jadi, sudah siap mengasah skill analisis datamu? Yuk DAFTAR sekarang juga! Dapatkan promo HEBOH hingga 75%!

Klik tombol di bawah ini untuk konsultasi dengan Admin kami sesuai kebutuhanmu. Gratis!

No Comments

Leave Comment