fbpx

Pentingnya Pengolahan Data Tepat dan Akurat di Era Digital

22
Dec 2022
CategoryArticle
Author : Admin Educativa
View :280x

Apa pentingnya data? Masih sedikit yang menyadari pentingnya data dan pengolahan data. Padahal, data sangat berguna untuk berbagai keperluan khususnya di era digital ini, seperti untuk penelitian, pengajaran, maupun pengembangan bisnis.

Apa pentingnya data?

Sebelum membahas pentingnya data, kita perlu tau dulu, apa itu data?

Pada dasarnya data merupakan sekumpulan informasi atau keterangan dari suatu hal yang diperoleh dengan melalui pengamatan dan pencarian ke sumber-sumber tertentu. 

Sedangkan data penelitian merupakan keterangan atau bahan yang bisa dijadikan sebagai dasar kajian atau analisis data penelitian dan simpulan dalam suatu penelitian.

Data yang baik memungkinkan organisasi menetapkan garis dasar, tolok ukur, dan tujuan untuk terus bergerak maju. Karena data memungkinkan kita untuk bisa mengukur, menetapkan garis dasar, dan membuat sasaran kinerja.

Apa itu olah data?

Pengolahan data yaitu proses mengumpulkan data dan mengubahnya menjadi informasi yang dapat digunakan oleh banyak pemangku kepentingan.

Pengolahan data yang tepat dan akurat akan memberikan kita informasi yang dibutuhkan.

Contohnya, di bidang penelitian, hasil olah data dapat membantu kita mendapatkan hasil penelitian yang akurat dan berguna bagi perkembangan ilmu pengetahuan.

Atau di dunia usaha, pengolahan data yang tepat akan sangat berguna untuk memajukan usaha kita, seperti melalui forecasting atau peramalan usaha. Dalam konteks ini, pengolahan data berfungsi sebagai prediksi dalam menentukan arah di masa depan dengan menggunakan data historis sebagai acuan.

Bagaimana cara mengolah data?

Nah, meski sudah tau pentingnya data dan pengolahan data, tapi ternyata masih banyak diantara kita yang belum memahami bagaimana cara pengolahan data yang baik dan benar. Bukan begitu, EduPartner?

Disini lah Educativa hadir memberikan sebuah solusi.

Testimoni kursus olah data statistik oleh Educativa dilaksanakan online via Zoom meeting.

Mengikuti kursus statistik

Educativa menghadirkan layanan kursus statistik atau olah data untuk kamu yang ingin belajar olah data dari nol. Kami memiliki tim Konsultan yang handal dan profesional untuk memenuhi kebutuhanmu.

Melalui kursus ini, #EduPartner akan diberikan pelatihan langsung oleh para ahli di bidangnya.

Selain membuat kamu lebih bersemangat untuk belajar, dengan sistem one-on-one learning, kamu bisa mendiskusikan dan mengeksplorasi kesulitan olah data yang kamu miliki secara lebih mendalam. Bukan hanya itu, kamu juga bisa belajar software olah data tertentu sesuai kebutuhanmu dan keinginanmu.

📌 Apa saja fasilitas kursus olah data di Educativa?
✅ Bisa kursus statistik beragam software mulai dari SPSS, AMOS, Microsoft Excel, Stata, Eviews, Minitab, Matlab, SmartPLS, Lisrel, dll
✅ Bisa kursus programming/data analysis menggunakan beragam bahasa mulai dari Python, R, C#, JavaScript, dll
✅ Free E-modul kursus dalam bentuk PDF
✅ Free E-Sertifikat resmi dari lembaga
✅ Free rekaman pelatihan selama kursus
✅ Garansi konsultasi hingga tuntas, bebas bertanya apapun selama durasi kursus
✅ Bisa request waktu (hari dan jam) kursus
✅ Bisa request materi atau bisa mengikuti modul kursus dari Educativa

Konsultan Educativa adalah lulusan S2 / S3 MIPA Statistik / Dosen / Praktisi yg profesional dan berpengalaman di bidangnya, sehingga kami jamin kamu pasti paham dan akan dibimbing sampai tuntas.

Kita harus menyadari bahwa data memang harus dijadikan aset penting untuk berbagai keperluan, seperti penelitian atau perkembangan perusahaan. Salah satu proses pengolahan data adalah melalui analisis data yang tepat dan akurat untuk membuat suatu keputusan yang taktis dan strategis.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa data adalah aset yang sangat penting di era digital saat ini.

Jadi gimana nih, EduPartner? Sekarang kamu sudah tahu pentingnya data dan pengolahan data, apakah kamu sudah siap mengembangkan skill olah datamu? 😎

Yuk percayakan pada Educativa!

No Comments

Leave Comment