fbpx

Penerapan Importance Performance Analysis dalam Penelitian

31
Jan 2024
Author : Dina Mardiyana
View :112x

Salah satu metode analisis yang digunakan sebagai alat bantu untuk mengidentifikasi atau membandingkan elemen penting dalam keberjalanan suatu sistem adalah Importance Performance Analysis (IPA). Metode ini biasa digunakan untuk membuat peringkat pada beragam atribut jasa dan mengidentifikasikan tindakan yang perlu dilakukan sebagai upaya perbaikan.

Lalu, apa sih pengertian dan contoh penerapan metode Importance Performance Analysis dalam penelitian yang sesungguhnya? Simak seluruh penjelasan berikut yuk, EduPartner!

Pengertian Importance Performance Analysis

Importance Performance Analysis adalah suatu pendekatan analisis yang difokuskan pada identifikasi dan pemahaman elemen-elemen penting dalam suatu sistem atau proses yang memengaruhi performa secara signifikan. Tujuan analisis ini untuk menyelidiki faktor-faktor yang memiliki dampak paling besar terhadap hasil atau performa keseluruhan.

Contoh Penerapan Metode Importance Performance Analysis

Dalam artikel ini, akan diberikan salah satu contoh penerapan metode IPA dalam penelitian mahasiswa nih, EduPartner. Contoh judul penelitian yang relevan untuk digunakan dalam metode ini adalah “Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Kualitas Pelayanan Akademik Fakultas Pertanian di Universitas A”.

Penelitian seperti ini biasanya berupa survei dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner, dan atau teknik sampling. Tujuan utama penelitian untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan akademik fakultas sehingga dapat dilakukan identifikasi pada berbagai tindakan untuk upaya peningkatan kualitas layanan.

Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Importance Performance Analysis (IPA) untuk menganalisa berbagai elemen dalam kualitas layanan serta mengidentifikasi tindakan yang diperlukan.

Akumulasi data dari jawaban responden selanjutnya digambarkan dalam bentuk kuadran. Masing-masing kuadran kemudian dianalisis untuk bisa mendapatkan atau mengidentifikasi upaya perbaikan yang perlu dilakukan. Nah, berikut ini merupakan contoh cara pembagian kuadran dalam metode IPA:

Y = Kepentingan (Importance)Prioritas Utama (Kuadran 1)     Kepentingan Tinggi
Kinerja Rendah  
Pertahankan Prestasi (Kuadran 2)    Kepentingan Tinggi
Kinerja Tinggi
Prioritas Rendah (Kuadran 3)
Kepentingan Rendah
Kinerja Rendah  
Berlebihan (Kuadran 4)
Kepentingan Rendah
Kinerja Tinggi
 X = Kinerja (Perfomance)

Kuadran yang menjadi prioritas utama sebagai langkah perbaikan adalah kuadran pertama, sedangkan kuadran terakhir (ke-empat) dianggap sebagai hal-hal yang mampu dilakukan namun bersifat tidak penting. Pastikan untuk menempatan hasil data penelitian ke posisi kuadran yang tepat yaa, EduPartner!

Jadi, Mengapa Metode Importance Performance Analysis Penting Diketahui?

Seorang wanita berbaju kaos putih tulang dengan ekspresi bingung dan penuh tanya terkait apa pentingnya Importance Performance Analysis dalam sebuah penelitian yang ditandai dengan satu tangan terangkat secara mengadah dan ekspresi wajah kebingungan.

Dengan memahami Importance Performance Analysis, kita dapat memiliki wawasan yang lebih dalam tentang berbagai elemen yang benar-benar memegang peranan penting dalam mencapai tujuan atau hasil tertentu. Dalam dunia pendidikan, penelitian, atau bisnis, IPA menjadi alat penting untuk memahami esensi dari apa yang sebenarnya memengaruhi kesuksesan suatu entitas atau proses.

Berikut ini merupakan beberapa keunggulan penerapan metode Importance Performance Analysis (IPA):

  1. Fokus pada hal penting
    • Membantu kita untuk fokus pada elemen-elemen kritis yang benar-benar berpengaruh terhadap performance.
  2. Dukungan untuk pengambilan keputusan yang lebih baik
    • Dengan menyoroti hal-hal penting, metode ini akan membantu kita membuat keputusan yang lebih cerdas, bijak, dan terinformasi.
  3. Efisiensi waktu dan sumber daya
    • Metode IPA membantu kita untuk menyaring hal yang esensial, sehingga tidak perlu menghabiskan waktu untuk berlama-lama pada aspek yang kurang relevan.

Nah, itu tadi terkait penjelasan dan contoh penerapan Metode Importance Performance Analysis (IPA) dalam sebuah penelitian. Dengan menambah pemahaman terkait metode ini, tentunya EduPartner akan lebih mudah dalam menerapkannya ke suatu penelitian. Jadi, apakah sudah siap untuk merancang penelitian dengan metode Importance Performance Analysis (IPA) ini, EduPartner?


Kamu bingung menulis karya tulis ilmiah?

Jasa bimbingan skripsi tesis disertasi dan konsultasi penelitian Educativa. Bimbingan penyusunan dan penulisan karya tulis ilmiah untuk mahasiswa dosen dan peneliti. Bimbingan studi yang juga menawarkan pendalaman pengetahuan terkait metode Importance Performance Analysis.

Dalam perjalanan penelitianmu yang penuh tantangan, Educativa.id hadir sebagai solusi terpercaya! Jangan biarkan kesulitan mengolah data, penyusunan proposal, atau kebutuhan publikasi jurnal ilmiah menjadi bebanmu ya, EduPartner!

Dengan lebih dari 150+ Konsultan Expert dari berbagai bidang, Educativa siap membantu segala kebutuhan pendidikan dan penelitianmu.

Layanan unggulan kami mencakup jasa olah data penelitian dengan berbagai software, kursus software statistik, bimbingan skripsi, tesis, dan disertasi, cek plagiarisme, mencari data primer dan sekunder, hingga publikasi artikel jurnal nasional dan internasional. Konsultasikan secara gratis dan temukan solusi terbaik untuk memajukan penelitianmu bersama Educativa.id!

Percayakan pada ahlinya! Klik tombol di bawah ini untuk konsultasi. Gratis!

No Comments

Leave Comment