fbpx

7 Tips Ampuh Biar Kamu Nggak Salah Belajar Python!

26
Jan 2024
Author : Ardiyansya Pattikupang
View :86x

EduPartner yang ingin belajar tentang pemrograman tidak akan terlepas dari topik mengenai Python. Salah satu bahasa pemrograman dengan sintaks yang sederhana, mudah dibaca, mudah dipahami dan mudah dipelajari sehingga sangat disarankan untuk pemula di dunia IT. Walaupun mudah dipahami masih banyak orang mengalami kesulitan dalam menemukan cara efektif untuk belajar Python.

Sebelum kita masuk ke tips agar kamu tidak salah belajar tentang Python, EduPartner harus tau dulu apa itu Python?

laki-laki sedang belajar python untuk mecoba programing di depan laptop dengan ada lampu kuning

Pengertian Python

Python adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang populer dan sederhana untuk digunakan. Diciptakan oleh Guido van Rossum, pertama kali dirilis pada tahun 1991. Bahasa ini dibuat untuk meningkatkan produktivitas pengembangan dan kemampuan untuk membaca kode.

Bahasa Python memiliki peran besar di bidang machine learning dan deep learning, dengan menguasai Python kamu bahkan dapat memperluas peluang kerja. Belajar Python bisa lebih mudah jika kamu mengetahui harus mulai dari mana.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu kamu belajar Python dengan efektif.

Tips Belajar Python Dengan Efektif

1. Tentukan Tujuan Kamu Belajar Python

Tentukan alasan kamu belajar Python, apakah untuk pengembangan web, ilmu data, atau bidang lainnya. Dengan tau apa tujuanmu akan membantu kamu fokus pada topik dan konsep yang relevan.

2. Mulai dengan Dasar

Pelajari dasar-dasar Python seperti variabel, tipe data, struktur kontrol (if, else, while, for), dan fungsi. Ini adalah fondasi yang penting untuk memahami bahasa pemrograman.

3. Praktik Rutin

Praktik secara rutin dengan menyelesaikan tantangan atau proyek kecil. Hal ini akan memperkuat pemahaman kamu dan membangun kebiasaan belajar yang baik.

4. Belajar Python dari Sumber yang Tepat

Pilih buku, tutorial online, atau kursus daring yang sesuai dengan gaya belajar kamu. Hal ini membuat kamu lebih mudah untuk memahami apa yang dijelaskan.

5. Bergabung dengan Komunitas

Bergabunglah dengan komunitas Python, seperti forum online atau grup diskusi di media sosial. Berbagi pengalaman dan bertanya pertanyaan dapat membantu kamu mempercepat proses belajar. Contohnya kamu bisa bergabung komunitas Github, Stack Overflow, atau di situs resmi Python.org.

6. Ikuti Proyek-Proyek Praktis

Terapkan pengetahuan kamu dengan membuat proyek-proyek kecil atau menyelesaikan tantangan pemrograman. Pengalaman praktis memperdalam pemahaman kamu.

7. Periksa Dokumentasi Python

Dokumentasi resmi Python adalah sumber daya yang sangat berharga. EduPartner harus pelajari cara membaca dan memahami dokumentasi karena ini keterampilan yang sangat diperlukan sebagai seorang pengembang.

EduPartner harus ingat bahwa kunci untuk berhasil belajar Python adalah konsistensi dan kesabaran. Teruslah belajar, jangan takut untuk mencoba hal baru, dan terlibatlah dalam komunitas untuk mendapatkan dukungan dan inspirasi.


Mau belajar analisis data dengan Python DARI NOL?

Kamu ingin kursus analisis data dari nol dengan software apapun yang kamu mau? Yuk ikuti Program EduCourse dari Educativa!

EduCourse adalah program kelas online eksklusif dari Educativa.id – Kursus Analisis Data No. 1 di Indonesia. Bersama dengan para expert yang merupakan praktisi berpengalaman, profesor/dosen, dan profesional di bidang Statistik dan Informatika, kami siap membimbing pembelajaran analisis datamu dari awal sampai jadi ahli!

Kursus bisa untuk beragam software seperti Microsoft Excel, SPSS, AMOS, SmartPLS, Eviews, Stata, RStudio, Python, Tableau, dan banyak lagi loh!

Jadi, sudah siap mengasah skill analisis datamu? Yuk DAFTAR sekarang juga! Dapatkan promo HEBOH hingga 75%!

Klik tombol di bawah ini untuk konsultasi dengan Admin kami sesuai kebutuhanmu. Gratis!

No Comments

Leave Comment