fbpx

Cara Belajar Data Science dari Nol Meski Bukan Background IT

29
Nov 2023
CategoryArticle
Author : Muh. Son Aghni
View :122x

Dunia saat ini dikuasai oleh data yang memainkan peran vital dalam setiap aspek kehidupan. Setiap tindakan kita menghasilkan jejak data yang berharga. Meski terkesan eksklusif, Data Science sebenarnya adalah perpaduan antara matematika, statistika, pemrograman, dan pemahaman mendalam tentang domain tertentu. Kesalahpahaman bahwa ini hanya untuk ahli IT membuat orang ragu untuk mempelajarinya, padahal dasar-dasarnya dapat dipahami oleh siapa pun yang berminat. Memasuki dunia Data Science bukanlah batasan, tetapi sebuah tantangan yang menarik bagi siapa pun yang memiliki ketekunan dan tekad kuat untuk belajar.

Jangan biarkan ketidakpercayaan diri menghalangi minatmu dalam memahami dunia Data Science. Fondasi-fondasi dasarnya, saat dipelajari dengan bantuan yang tepat, akan membuka pintu bagi siapa pun yang ingin menjelajahi dunia yang sedang berkembang ini. Artikel ini hadir untuk memberikan arah bagi mereka yang ingin memulai perjalanan baru dalam memahami dunia yang didominasi oleh data ini. Yukk, mari kita jelajahi bersama!

Cara Sukses Belajar Data Science dari Nol Meski Bukan Background IT

Top Data Science Courses online
Image from Pinterest.com

1. Menanamkan Growth Mindset dan Rasa Curiosity yang Tinggi

Mengadopsi mindset yang terbuka terhadap perkembangan diri dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi adalah kunci utama. Growth mindset memungkinkanmu menerima tantangan dan kegagalan sebagai bagian dari proses belajar, sementara rasa ingin tahu yang tinggi mendorong eksplorasi lebih dalam terhadap konsep-konsep Data Science.

2. Membangun Fondasi yang Kuat dalam Matematika dan Statistika

Pada awalnya, penting untuk fokus pada pembangunan dasar-dasar matematika yang relevan untuk Data Science. Mulailah dengan memperdalam pemahaman tentang statistika, kalkulus, dan aljabar. Statistika membantu dalam pemrosesan data, kalkulus membantu memahami fungsi dan perubahan, sementara aljabar membentuk dasar dalam memahami model matematis. Fondasi ini sangat penting karena akan membantu dalam memahami konsep-konsep yang lebih kompleks dalam Data Science, seperti machine learning atau analisis data yang mendalam.

3. Mempelajari Bahasa Pemrograman

Selain matematika dan statistika, pemahaman bahasa pemrograman sangat penting dalam Data Science. Mulailah dengan bahasa pemrograman yang umum digunakan dalam analisis data seperti Python, R, atau SQL. Mengetahui cara menggunakan software ini akan memperluas kemampuanmu dalam mengolah, menganalisis, dan memahami data secara efektif.

4. Eksplorasi Berbagai Sumber Belajar Online dan Offline

Ada beragam sumber belajar yang dapat kamu manfaatkan. Internet adalah sumber yang sangat besar, dimana kamu dapat menemukan kursus online, tutorial, forum diskusi, dan platform belajar. Seiring dengan itu, tidak ada salahnya juga untuk memperluas sumber belajar dengan membaca buku, mengikuti seminar, atau bergabung dengan kelompok studi terkait Data Science di komunitasmu. Penting untuk memilih sumber belajar yang sesuai dengan gaya belajarmu agar proses pembelajaran lebih efektif dan menarik.

5. Praktik Langsung dalam Proyek Data Science Mu Sendiri

Coba lakukan eksperimen dengan proyek Data Sciencemu sendiri! Gak cuma soal teori, tapi juga prakteknya, lho. Yuk, mulai dari proyek yang sesuai minatmu, seperti analisis sentimen media sosial atau prediksi tren. Pastikan kamu paham dengan data yang kamu pakai, sebelum menerapkan teknik-teknik yang sudah dipelajari. Jangan takut salah, karena dari situ kita bisa belajar lebih banyak. Evaluasi hasilnya, lihat mana yang bisa diperbaiki, dan jangan berhenti di situ! Iterasi terus, tambahkan kompleksitas atau analisis baru. Ingat, setiap kesalahan itu pelajaran berharga yang akan menambah pengalamanmu dalam bidang ini.

6. Kolaborasi dan Keterlibatan dalam Komunitas

 Bergabunglah dengan komunitas Data Science yang aktif. Ini tidak hanya memberikan kesempatan untuk belajar dari orang-orang yang memiliki pengalaman, tetapi juga membuka networking yang luas untuk sharing knowledge & experience. Diskusi, tanya jawab, dan berbagi ide dapat memberikan wawasan yang berharga dan memperluas pemahaman kita dalam bidang ini. Jadi, join komunitasnya dan eksplorasi lebih jauh dunia Data Science!

7. Konsultasi dan Mentorship

Jangan ragu untuk cari mentor atau konsultan di bidang Data Science. Mereka punya pengalaman yang berharga buat bimbing kamu melewati rintangan-rintangan yang kompleks dalam belajar ini. Dari sudut pandang mereka, kamu bisa dapet wawasan yang luas dan arahan yang pas buat maju lebih jauh. Mereka bakal jadi pemandu penting buat ngebantu kamu memahami teori dan praktek Data Science yang lebih mendalam.

8. Belajar Analisis Data dengan Ikut kursus EduCourse

Buat kamu yang mau belajar data science, tapi bingung mulai darimana? Nah, mungkin kamu perlu ikut EduCourse. EduCourse adalah program kelas online eksklusif dari Educativa.id. Kamu bisa kursus 1-on-1 langsung dengan para expert yang merupakan praktisi berpengalaman lho! Iya, 1-on-1 alias privat yaa! Kamu bahkan bebas buat konsultasi & tanya-tanya sepuasnya.

Kesimpulan

Ingat ya, proses belajar Data Science dari nol tanpa latar belakang IT yang kuat butuh kesabaran, konsistensi, dan tekad yang kuat. Tapi, nggak perlu cemas, karena mempelajari dunia ini dari awal itu memang mungkin dan pastinya menguntungkan. Jadi, jangan ragu buat terus mengeksplorasi hal-hal menarik dalam dunia Data Science ini yaa EduPartner!


Mau belajar analisis data DARI NOL?

Kamu ingin kursus analisis data dari nol dengan software apapun yang kamu mau? Yuk ikuti Program EduCourse dari Educativa!

EduCourse adalah program kelas online eksklusif dari Educativa.id – Kursus Analisis Data No. 1 di Indonesia. Bersama dengan para expert yang merupakan praktisi berpengalaman, profesor/dosen, dan profesional di bidang Statistik dan Informatika, kami siap membimbing pembelajaran analisis datamu dari awal sampai jadi ahli!

Kursus bisa untuk beragam software seperti Microsoft Excel, SPSS, AMOS, SmartPLS, Eviews, Stata, RStudio, Python, Tableau, dan banyak lagi loh!

Jadi, sudah siap mengasah skill analisis datamu? Yuk DAFTAR sekarang juga! Dapatkan promo HEBOH hingga 75%!

Klik tombol di bawah ini untuk konsultasi dengan Admin kami sesuai kebutuhanmu. Gratis!


No Comments

Leave Comment