fbpx

Solusi Pencarian Data Primer atau Sekunder Untuk Penelitianmu

4
Jan 2023
CategoryArticle
Author : Admin Educativa
View :156x

Kamu kesulitan mencari responden atau narasumber untuk penelitianmu? Atau butuh bantuan tabulasi data sekunder untuk skripsi/tesismu?

Percayakan pada Educativa! 😍✨

Apa pentingnya data penelitian?

Data merupakan hal yang sangat penting dalam penelitian. Data adalah hasil pencatatan penelitian, baik yang berupa fakta ataupun angka. Umumnya, data penelitian dibagi menjadi 2 (dua), yaitu data primer dan data sekunder.

Perbedaan data primer dan sekunder dapat dilihat dari sifat, proses, dan sumber datanya.

Data primer

Data primer adalah jenis data yang dikumpulkan secara langsung dari sumber utamanya. Data primer biasanya selalu bersifat spesifik karena disesuaikan oleh kebutuhan peneliti.

Sumber data primer adalah responden atau objek penelitiannya langsung. Sehingga, peneliti bisa terjun mengamati dan menulis jawaban langsung dari objek penelitian. Teknik pengumpulan data primer ini bisa didapatkan dengan beberapa cara seperti melalui kuesioner, wawancara langsung, atau survei. Contoh data primer adalah data responden atau narasumber.

Data sekunder

Berbeda dengan data primer, data sekunder merupakan berbagai informasi yang telah ada sebelumnya dan dengan sengaja dikumpulkan oleh peneliti yang digunakan untuk melengkapi kebutuhan data penelitian.

Biasanya, data sekunder dapat berupa diagram, grafik, atau tabel sebuah informasi penting seperti data sensus penduduk, data laporan keuangan perusahaan, dan lain-lain.

Percayakan Kebutuhan Pencarian Datamu di Educativa

Educativa melayani pencarian data primer seperti responden atau narasumber penelitian, serta pencarian data sekunder seperti variabel laporan keuangan perusahaan go public (BEI), pencarian data penduduk, ekonomi, ketenagakerjaan, dan berbagai jenis data lainnya yang diperlukan untuk menunjang penelitian.

Data dijamin 100% VALID dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya ya! 😎💯

💎 BAGAIMANA SISTEMNYA?
Educativa memiliki tim Konsultan pencari data yang tersebar di seluruh Indonesia dan memiliki akses data tertentu yang sekiranya dibutuhkan untuk kebutuhan riset/penelitian.
Sehingga, jenis data apapun yang kamu butuhkan, Educativa siap memberikan pencerahan! 🌟

💎 APA SAJA FASILITASNYA?
Fasilitas pencarian data di Educativa dijamin terbaik dan terlengkap! Check 👇🏻
✅ Free tabulasi data dalam Excel hingga data siap olah
✅ Untuk data primer, bisa request kriteria tertentu untuk responden yg dibutuhkan
✅ Untuk data sekunder, bisa request jumlah sampel/perusahaan berdasar kategori tertentu, serta bisa request jumlah rentang tahun yg dibutuhkan (misalnya 5 tahun terakhir, 10 tahun terakhir, dll)
✅ Support data from IDX / BEI (Bursa Efek Indonesia), OJK (Otoritas Jasa Keuangan), BPS (Badan Pusat Statistik), dan lain-lain
✅ Garansi data valid dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya

Tunggu apalagi? Yuk percayakan pada ahlinya! Hubungi Educativa sekarang! 😍

No Comments

Leave Comment