fbpx

S&K LAYANAN EDUCATIVA

TENTANG EDUCATIVA


Educativa adalah lembaga konsultan pendidikan yang berfokus di bidang penelitian, pelatihan dan analisis data. Kami memiliki visi untuk menjadi jasa konsultan terbaik di Indonesia dengan pemberian layanan yang solutif, edukatif, inklusif dan inovatif. Acuan kami dalam bekerja yaitu kualitas dan ketepatan waktu. Target kerja kami adalah kepuasan dan kepercayaan klien.

Berikut adalah Syarat dan Ketentuan (S&K) Layanan yang perlu dibaca dan dipahami oleh setiap klien Educativa.

Daftar Isi

SYARAT DAN KETENTUAN LAYANAN EDUCATIVA


A. Syarat dan Ketentuan Layanan Umum

Educativa berkomitmen untuk selalu memberikan layanan yang terbaik bagi semua klien di seluruh Indonesia. Sebelum menggunakan layanan Educativa, berikut beberapa ketentuan-ketentuan umum yang berlaku dan perlu diketahui oleh seluruh klien Educativa, yaitu:

1. Garansi Layanan Educativa

Setiap layanan Educativa memberikan garansi yang menjadi hak klien sepenuhnya dengan syarat dan ketentuan yang diatur pada bagian selanjutnya, yaitu sebagai berikut:

  1. Garansi keamanan data, privasi dan hak kekayaan intelektual klien.
  2. Garansi revisi apabila ada kesalahan dari pihak konsultan Educativa.
  3. Garansi project selesai sesuai dengan kesepakatan atau form awal (apabila konsultan berhalangan menyelesaikan project sesuai kesepakatan karena alasan apapun, maka pihak Educativa akan memberikan layanan pengalihan project atau penggantian konsultan secara gratis).
  4. Garansi uang kembali atau pengajuan pengembalian dana (refund) oleh klien.

Educativa berkomitmen untuk memberikan solusi terbaik melalui skema Garansi Layanan. Kami memahami bahwa kepuasan klien adalah prioritas utama, dan kami akan berupaya menyelesaikan setiap masalah yang timbul secara bertahap dan sistematis. Adapun tahapan-tahapan solusi yang kami sediakan adalah sebagai berikut:

  1. Revisi: Apabila terdapat kesalahan pada hasil yang diserahkan, konsultan akan melakukan revisi sesuai kebutuhan. Fasilitas revisi gratis berlaku dengan batas waktu maksimal 30 hari (H+30) setelah project selesai atau sudah dilakukan pelunasan oleh klien.
  2. Ganti Konsultan: Jika permasalahan tidak terselesaikan melalui revisi, klien akan diberikan opsi untuk mengganti konsultan yang menangani project. Konsultan baru akan tersedia maksimal 1 minggu setelah permintaan pergantian konsultan diajukan.
  3. Alih Layanan: Jika penggantian konsultan masih belum menyelesaikan masalah, klien dapat dialihkan ke layanan lain sesuai kesepakatan yang diajukan oleh klien.
  4. Deposit Dana: Sebagai alternatif solusi selanjutnya, dana klien dapat dialihkan menjadi deposit yang dapat digunakan untuk layanan lain di masa mendatang. Jika dana deposit tidak digunakan dalam batas waktu 90 hari sejak tanggal pengembalian dana, maka dana deposit tersebut dianggap hangus.
  5. Refund Dana: Jika semua opsi di atas tidak memadai, klien dapat mengajukan permintaan pengembalian dana (refund) sesuai ketentuan yang berlaku.

2. Fasilitas Revisi Gratis di Educativa

Selain memberikan garansi, setiap layanan Educativa juga memberikan fasilitas revisi atau perbaikan hasil pengerjaan tanpa tambahan biaya apapun (gratis), dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Fasilitas revisi gratis berlaku dengan sistem klaim berdasarkan jangka waktu tertentu, yakni dengan batas waktu maksimal 30 hari (H+30) setelah project selesai atau sudah dilakukan pelunasan oleh klien. Apabila dalam batas waktu tersebut klien tidak menggunakan fasilitas revisinya, maka fasilitas tidak dapat digunakan atau hangus.
  2. Fasilitas revisi gratis yang berlaku yaitu hanya untuk revisi minor, yakni revisi apapun yang tidak termasuk revisi mayor. Adapun yang dimaksud revisi mayor yaitu revisi yang mencakup adanya penggantian, penambahan, dan/atau pengubahan;
    • judul penelitian
    • variabel penelitian
    • metode penelitian
    • hipotesis penelitian
    • data penelitian
    • teori utama
    • revisi apapun yang cukup banyak dan mempengaruhi perubahan pada bab-bab lainnya.
  3. Apabila klien ingin mengajukan revisi yang termasuk revisi minor, maka tidak dikenakan biaya tambahan dan dapat diklaim pada Admin sesuai S&K project yang berlaku.
  4. Apabila klien ingin mengajukan revisi yang termasuk revisi mayor, maka akan dikenakan biaya tambahan yang besarnya disesuaikan dengan tingkat kesulitannya.
  5. Pengecualian: Apabila ada kesalahan dari pihak Konsultan atau Admin Educativa, maka klien dapat mengajukan revisi gratis terlepas dari revisi tersebut tergolong minor atau mayor.

B. Syarat dan Ketentuan Layanan Tugas Akhir

Untuk layanan bimbingan dan penyusunan tugas akhir, terdapat 2 jenis paket yang ditawarkan, yaitu:

  1. Paket Bimbingan dan Penyusunan: paket yang ditawarkan untuk klien yang membutuhkan bantuan bimbingan dan penyusunan tugas akhir baik berupa skripsi, tesis, atau disertasi.
    • Layanan ini terdiri dari 2 sub-Paket, yakni A) Paket Reguler: paket yang ditawarkan pertama kali untuk klien dengan beragam fasilitas yang akan didapatkan. Serta B) Paket Premium: paket yang ditawarkan untuk klien yang ingin mendapatkan fasilitas lebih dari Paket Reguler.
  2. Paket Khusus Bimbingan: paket yang ditawarkan untuk klien yang membutuhkan bantuan bimbingan atau pendampingan pengerjaan tugas akhir berupa skripsi, tesis, atau disertasi (tanpa penyusunan).

1. Paket Bimbingan dan Penyusunan

Detail fasilitas untuk Paket Bimbingan dan Penyusunan, dijelaskan di bawah berikut:

Fasilitas Revisi


A. Paket Reguler

  • Klaim revisi berlaku sesuai dengan paket yang diambil.
  • Revisi bisa dilakukan dengan catatan tidak mengganti judul penelitian dan metode penelitian.
  • Batas waktu klaim revisi maksimal 30 hari setelah project selesai / sudah dilakukan pelunasan oleh klien, dengan ketentuan:
    • Paket Proposal & Paket Finishing: maksimal 2x.
    • Paket Full: maksimal 3x.

B. Paket Premium

  • Klaim revisi berlaku sesuai dengan paket yang diambil.
  • Tidak ada batasan jumlah klaim revisi, dengan ketentuan:
    • Paket Proposal: bebas klaim revisi hingga diterima sidang proposal.
    • Paket Finishing & Paket Full: bebas klaim revisi hingga diterima sidang akhir.

Fasilitas Konsultasi


A. Paket Reguler

  • Klaim konsultasi berlaku sesuai dengan paket yang diambil.
  • Konsultasi hanya berlaku secara daring (online) melalui Zoom atau Google Meet, dan link konsultasi disediakan oleh pihak Educativa.
  • Durasi konsultasi maksimal 60 menit per pertemuan.
  • Selama konsultasi, klien bebas bertanya apapun kepada konsultan sesuai dengan paket yang diambil, dengan catatan tidak dilakukan praktik olah data/kursus software statistik selama konsultasi berlangsung.
  • Konsultasi melalui chat tidak dikenakan biaya atau gratis.
  • Batas waktu klaim konsultasi melalui Zoom atau Google Meet maksimal 30 hari setelah project selesai/sudah dilakukan pelunasan oleh klien, dengan ketentuan:
    • Paket Proposal & Paket Finishing: maksimal 1x konsultasi (senilai Rp 350.000,-).
    • Paket Full: maksimal 3x konsultasi (senilai Rp 1.050.000,-).

B. Paket Premium

  • Klaim konsultasi berlaku sesuai dengan paket yang diambil.
  • Konsultasi hanya berlaku secara daring (online) melalui Zoom atau Google Meet, dan link konsultasi disediakan oleh pihak Educativa.
  • Durasi konsultasi maksimal 90 menit per pertemuan.
  • Selama konsultasi, klien bebas bertanya apapun kepada konsultan sesuai dengan paket yang diambil, termasuk melakukan praktik olah data/kursus software statistik, selama tidak melebihi batas waktu konsultasi.
  • Konsultasi melalui chat tidak dikenakan biaya atau gratis.
  • Tidak ada batasan waktu klaim konsultasi via Zoom atau Google Meet, dengan ketentuan:
    • Paket Proposal & Paket Finishing: maksimal 3x konsultasi (senilai Rp 1.050.000,-).
    • Paket Full: maksimal 5x konsultasi (senilai Rp 1.750.000,-).

Fasilitas Pencarian Daftar Pustaka


A. Paket Reguler

  • Jumlah maksimal fasilitas pencarian daftar pustaka yaitu:
    • Paket Proposal: maksimal 25 daftar pustaka.
    • Paket Full: maksimal 35 daftar pustaka.
    • Paket Finishing mengikuti daftar pustaka yang sudah disediakan oleh klien, apabila ingin tambahan daftar pustaka maka terdapat penambahan biaya 10k per daftar pustaka untuk referensi nasional, dan 15k per daftar pustaka untuk referensi internasional.
  • Klien dianjurkan memberikan referensi daftar pustaka di awal sebelum pengerjaan project dimulai, sebagai acuan pengerjaan untuk konsultan.

B. Paket Premium

  • Jumlah maksimal fasilitas pencarian daftar pustaka yaitu:
    • Paket Proposal: maksimal 75 daftar pustaka.
    • Paket Full: maksimal 100 daftar pustaka.
    • Paket Finishing mengikuti daftar pustaka yang sudah disediakan oleh klien, apabila ingin tambahan daftar pustaka maka maksimal 20 daftar pustaka untuk referensi nasional, dan maksimal 10 daftar pustaka untuk referensi internasional.
  • Klien dianjurkan memberikan referensi daftar pustaka di awal sebelum pengerjaan project dimulai, sebagai acuan pengerjaan untuk konsultan.

Fasilitas Lainnya


1. Fasilitas Penyusunan Abstrak

Educativa memberikan fasilitas penyusunan abstrak dalam 2 versi (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris) bagi klien yang order layanan Paket Full, berlaku untuk Paket Reguler maupun Paket Premium. 

2. Fasilitas Penyusunan Extras

Educativa memberikan fasilitas penyusunan Extras Tugas Akhir untuk semua jenis paket, yang terdiri atas:

  • Cover / Judul Halaman
  • Daftar Isi
  • Daftar Gambar
  • Daftar Tabel
  • Daftar Pustaka
  • Daftar Lampiran (jika ada)

3. Fasilitas Pendampingan Tugas Akhir

Educativa memberikan fasilitas pendampingan jika klien mengalami kesulitan memahami isi Tugas Akhir, yang berlaku untuk semua jenis paket. Pendampingan diberikan dalam bentuk layanan tanya-jawab yang akan dijawab oleh konsultan Educativa, melalui perantara chat WhatsApp dengan Admin.

4. Fasilitas Pembuatan Grup dengan Konsultan Educativa

Educativa memberikan fasilitas pembuatan Grup WhatsApp dengan Konsultan jika klien memerlukan komunikasi secara intensif. Fasilitas ini berlaku bagi klien yang order Paket Full, baik Paket Reguler maupun Paket Premium. Pembuatan Grup dapat dilakukan setelah klien melakukan DP minimal 50% dari biaya total.

5. Fasilitas Pembuatan Sitasi/Daftar Pustaka Otomatis

Educativa memberikan fasilitas pembuatan sitasi/referensi/daftar pustaka otomatis dengan software pengelola referensi tertentu yang diinginkan klien, seperti Mendeley, Zotero, atau Endnote. Fasilitas ini berlaku untuk semua jenis paket, baik Paket Reguler maupun Paket Premium.

6. Fasilitas Cek Turnitin dan Parafrase

Educativa memberikan fasilitas pengecekan hasil plagiarisme tulisan dengan software Turnitin tanpa jumlah maksimal pengecekan, dan memberikan garansi parafrase hingga hasil uji Turnitin di bawah 30%. Fasilitas ini berlaku untuk semua jenis paket, baik Paket Reguler maupun Paket Premium.

2. Paket Khusus Bimbingan

Detail harga dan fasilitas untuk Paket Bimbingan, dapat langsung dilihat pada gambar berikut:

1. Bimbingan Skripsi

Pricelist dan fasilitas bimbingan skripsi di Educativa

2. Bimbingan Tesis

Pricelist dan fasilitas bimbingan tesis di Educativa

3. Bimbingan Disertasi

Pricelist dan fasilitas bimbingan disertasi di Educativa

C. Syarat dan Ketentuan Layanan Lainnya (selain Tugas Akhir)

Untuk layanan lain dari Educativa selain layanan bimbingan dan penyusunan tugas akhir, maka dijabarkan sesuai kebutuhan layanan yang membutuhkan penjelasan lebih lanjut yakni sebagai berikut:

  1. Layanan EduCourse (Kursus Privat Software Statistik)
    • Fasilitas Pemberian Free Software dan Panduan Instalasi
      • Layanan EduCourse menyediakan fasilitas pemberian free software olah data dan panduan instalasi khusus untuk beberapa software statistik, yaitu SPSS, Eviews, SmartPLS, STATA, RStudio, dan Minitab (versi untuk Windows).
      • Pemberian free software hanya berlaku untuk software yang telah disebutkan. Software atau tools tambahan di luar daftar tersebut tidak termasuk dalam fasilitas pemberian free software.
    • Pembaruan Daftar Free Software
      • SK Layanan EduCourse akan diperbarui secara berkala untuk mencerminkan perubahan dalam daftar free software yang disertakan dalam layanan EduCourse.
      • Informasi mengenai penambahan free software baru akan langsung diperbaharui dalam versi terbaru SK Layanan EduCourse.
  2. Layanan EduStatistics (Olah Data Statistik)
    • EduStatistics menyediakan jasa olah data untuk berbagai jenis software statistik, termasuk namun tidak terbatas pada IBM SPSS, AMOS, Eviews, SmartPLS, Stata, Lisrel, RStudio, Python, dan berbagai software lainnya yang mendukung kebutuhan penelitian.
    • Layanan ini mencakup pengolahan data untuk skripsi, tesis, disertasi, atau penelitian umum, dengan proses yang dijamin cepat, akurat, dan bersahabat.
    • EduStatistics mampu mengelola data dari berbagai software, seperti IBM SPSS, AMOS, Stata, Microsoft Excel, E-views, Minitab, Matlab, RStudio, Python, SmartPLS, WarpPLS, Lisrel, Jamovi, POM QM, dan software lainnya yang mungkin digunakan oleh klien.
    • Fasilitas dan Bonus:
      • Klien yang menggunakan layanan ini akan mendapatkan hasil olah dan analisis data lengkap dalam bentuk Word atau Excel.
      • Bonus termasuk interpretasi hasil olah data dalam bentuk Word, output asli dari software olah data, lampiran olah data yang dibutuhkan, e-book Tips dan Trik Statistik untuk pemula, e-book tentang materi olah data, dan fasilitas revisi yang disesuaikan dengan S&K layanan umum.
      • Catatan: Detail fasilitas dan bonus dapat tunduk pada perubahan sesuai dengan kebijakan dan kebutuhan layanan yang berkembang.
  3. Layanan EduPublisher (Bimbingan dan Bantuan Publikasi Jurnal Ilmiah)
    • EduPublisher menyediakan bantuan publikasi jurnal ilmiah mulai dari jurnal nasional terakreditasi Sinta (1-6) hingga jurnal internasional terakreditasi Scopus (Q1-4).
    • EduPublisher membantu dalam administrasi jurnal, mulai dari pembuatan akun jurnal, pengiriman artikel, proses review dan revisi, hingga pembayaran APC (Article Processing Charge) dan permintaan fast track Letter of Acceptance (LoA).
    • Fasilitas dan Bonus:
      • Layanan EduPublisher menyediakan fasilitas terbaik dan terlengkap, termasuk bantuan mencarikan jurnal sesuai bidang penelitian klien.
      • Tim EduPublisher mengurus segala administrasi jurnal, termasuk pembuatan akun, pengiriman artikel, proses review, revisi tanpa batas, dan pembayaran APC.
      • Bonus meliputi parafrase artikel untuk mengurangi tingkat plagiarisme, proofreading, cek turnitin, automated citation dengan Mendeley/Zotero, revisi dan peer-review hingga publikasi.
      • Garansi artikel terbit dan mendapat LoA, serta opsi untuk fast track LoA untuk publikasi yang lebih cepat.
      • Catatan: Sistem dan detail fasilitas dapat mengalami perubahan sesuai dengan kebijakan dan kebutuhan layanan yang berkembang dari waktu ke waktu.

D. Pengajuan Pengembalian Dana (Refund)


  1. Proses pengajuan pengembalian dana (selanjutnya disebut refund) memiliki aturan yang sama untuk seluruh layanan Educativa.
  2. Maksimal batas waktu refund yaitu 60 hari setelah pengajuan project pertama oleh klien, atau setelah klien mengisi form order pertama.
  3. Klien dapat mengajukan refund hanya dalam kondisi berikut:
    • Refund 5 – 10%
      • Berlaku apabila project telah dikerjakan oleh konsultan, namun terdapat keterlambatan pengerjaan di luar tenggat waktu/deadline yang telah ditentukan di form awal, serta klien sudah menerima semua fasilitas dari kontrak project yang telah disepakati. Namun terdapat ketidakpuasan terhadap hasil akhir yang mengarah pada permintaan revisi yang tidak dapat diselesaikan oleh konsultan dalam waktu yang ditentukan. Adapun jumlah refund disesuaikan berdasarkan kesepakatan antara kedua belah pihak yaitu klien dan pihak Educativa.
    • Refund 10 – 30%
      • Berlaku apabila project telah dikerjakan oleh konsultan, namun terdapat keterlambatan pengerjaan di luar tenggat waktu/deadline yang telah ditentukan di form awal, serta klien sudah menerima sebagian fasilitas dari kontrak project yang telah disepakati. Adapun jumlah refund disesuaikan berdasarkan kesepakatan antara kedua belah pihak yaitu klien dan pihak Educativa.
    • Refund 40 – 80%
      • Berlaku apabila project telah dikerjakan oleh konsultan, namun terdapat keterlambatan pengerjaan di luar tenggat waktu/deadline yang telah ditentukan di form awal, serta klien belum menerima fasilitas apapun dari kontrak project yang telah disepakati. Adapun jumlah refund disesuaikan berdasarkan kesepakatan antara kedua belah pihak yaitu klien dan pihak Educativa.
    • Refund 100%
      • Berlaku apabila project tidak selesai dalam tenggat waktu/deadline yang telah ditentukan di form awal, dan konsultan belum mengerjakan project sama sekali karena halangan apapun, serta klien belum menerima fasilitas apapun dari kontrak project yang telah disepakati.
  1. Refund dilakukan di hari kerja Senin-Jumat, pada jam kerja 10.00 – 16.00 WIB.
  2. Refund ditransfer ke rekening bank yang diinginkan klien, dengan ketentuan: 
    • Gratis biaya admin khusus bank BCA.
    • Terdapat tambahan biaya admin Rp 6.500,- yang ditanggung oleh klien untuk bank lainnya selain bank BCA.
  1. Refund tidak berlaku untuk transfer ke e-wallet atau dompet digital apapun.

Kebijakan Tambahan Terkait Refund

Dalam hal pembatalan project oleh pihak klien tanpa adanya kesalahan dari pihak kami (Educativa maupun Konsultan Educativa yang terlibat), maka berlaku kebijakan refund sebagai berikut:

  1. Non-Refundable (Dana Tidak Dapat Dikembalikan)
    • Refund sama sekali tidak dapat dilakukan apabila terjadi salah satu atau kedua kondisi berikut:
      • Jika Project Sudah Diambil Alih Klien:
        • Jika klien memutuskan untuk mengambil alih pengerjaan project tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada pihak Educativa, baik untuk melanjutkan maupun menyelesaikan project secara mandiri, maka hak atas pengembalian dana (refund) tidak berlaku.
        • Lebih lanjut, dalam kasus di mana project yang telah diproses sesuai dengan kontrak atau kesepakatan diambil alih oleh klien tanpa konfirmasi kepada Admin Educativa, kontrak atau kesepakatan tersebut akan dianggap batal. Sebagai konsekuensi, dana yang telah dibayarkan tidak dapat dikembalikan (non-refundable) dan dianggap sebagai pinalti atas pembatalan sepihak oleh klien.
      • Pembatalan Project oleh Klien
        • Apabila pihak klien memutuskan untuk membatalkan project yang sudah dipesan secara satu pihak dengan alasan apapun, sedangkan tidak terdapat kesalahan dari pihak kami, refund Uang muka (DP) / Dana yang telah dibayarkan tidak dapat dikembalikan.
  2. Persentase Refund:
    • Klien berhak menerima refund maksimal sebesar 80% dari total biaya project, sementara 20% sisanya akan dianggap sebagai dana deposit.
  3. Penggunaan Ulang Dana Deposit:
    • Dana deposit sebesar 20% yang tidak di-refund dapat digunakan kembali oleh klien untuk memanfaatkan layanan Educativa dalam batas waktu 90 hari sejak proses pengembalian dana atau refund.
  4. Keterbatasan Waktu Penggunaan Dana Deposit:
    • Jika dana deposit tidak digunakan dalam batas waktu 90 hari sejak tanggal pengembalian dana, maka dana deposit tersebut dianggap hangus.

Kami menekankan bahwa kebijakan ini diterapkan untuk memastikan keseimbangan antara kepentingan klien dan keberlanjutan layanan yang kami tawarkan. Harap dipahami bahwa refund dan penggunaan ulang dana deposit bertujuan untuk memberikan fleksibilitas kepada klien sembari mempertimbangkan keterlibatan sumber daya dan upaya yang telah diinvestasikan oleh Educativa dan Konsultan Educativa.