fbpx

S&K Konsultan Educativa

Research Consultant atau Konsultan Penelitian adalah individu atau kelompok yang merencanakan, membantu, dan mengimplementasikan sebuah studi atau penelitian tentang suatu topik di bidang tertentu yang ditekuni.

Apabila menjadi Research Consultant di Educativa, artinya Anda adalah mitra resmi kami. Anda akan bekerja by project berdasarkan permintaan pelanggan Educativa, mulai dari mahasiswa, dosen, peneliti dan dunia usaha.

Berikut adalah Syarat dan Ketentuan (S&K) yang perlu dibaca dan dipahami oleh setiap mitra Konsultan Educativa.

Daftar Isi

TENTANG EDUCATIVA


Educativa adalah jasa konsultan pendidikan yang berfokus di bidang penelitian, pelatihan dan analisis data. Kantor Educativa berbasis di Yogyakarta, namun kami memiliki lebih dari 100 mitra Konsultan yang tersebar di seluruh Indonesia. Saat ini, hampir semua layanan Educativa berbasis online. Saat ini, kami sedang dalam tahap membangun sebuah platform yang mampu mewadahi visi misi kami.

Oleh karena itu, sebagai lembaga usaha, Educativa memiliki visi untuk menjadi jasa konsultan terbaik di Indonesia dalam bidang penelitian, pelatihan, dan analisis data. Acuan kami dalam bekerja yaitu kualitas dan ketepatan waktu. Target kerja kami adalah kepuasan dan kepercayaan klien.

VISI


Menjadi jasa konsultan terbaik di Indonesia dalam bidang penelitian, pelatihan, dan analisis data yang mampu mewujudkan kemajuan pendidikan bangsa Indonesia melalui pemberian layanan yang solutif, edukatif, inklusif, dan inovatif.

MISI


  1. Memberikan layanan berkualitas tinggi secara cepat, tepat, akurat dan bermanfaat bagi seluruh stakeholders.
  2. Menyediakan layanan pendukung dalam bidang jasa konsultasi penelitian, pengadaan pelatihan dan analisis data.
  3. Mendukung dan meningkatkan pengembangan ilmu pengetahuan yang bermanfaat secara teori maupun praktis.
  4. Membuka lapangan kerja seluas-luasnya bagi masyarakat Indonesia untuk berkarir di bidang pendidikan.
  5. Menjadi bagian dalam mewujudkan kemajuan pendidikan bangsa Indonesia melalui pengembangan budaya ilmiah dan inovasi pendidikan berbasis teknologi.

SYARAT DAN KETENTUAN


A. KUALIFIKASI


  1. Alumni perguruan tinggi atau praktisi lulusan D3, D4, S1, S2, S3; atau profesional yang memiliki kemampuan olah dan analisis data statistik; atau mahasiswa aktif S1, S2, S3 minimal semester 6 semua jurusan
  2. Memiliki ketertarikan di dunia riset/penelitian
  3. Memiliki IPK di atas 3 (cumlaude diutamakan)
  4. Memahami software olah data (Contoh: SPSS, SmartPLS, AMOS, Eviews, Microsoft Excel, Minitab, Matlab, R Studio, Python, Nvivo, VosViewer, dll)
  5. Memahami metode penelitian (kuantitatif/kualitatif)
  6. Memiliki kemampuan menulis penelitian ilmiah
  7. Memiliki kemampuan Bahasa Inggris
  8. Mampu bekerja cepat dan tepat dalam rentang waktu yang ditentukan

B. BERKAS ADMINISTRASI


  1. Curriculum Vitae (CV) terbaru
  2. Surat lamaran kerja
  3. Ijazah dan transkrip nilai bagi alumni perguruan tinggi; atau KHS kumulatif bagi mahasiswa

C. DESKRIPSI PEKERJAAN


  1. Melayani kebutuhan klien Educativa dalam bidang penelitian, pelatihan dan pengajaran secara umum.
  2. Memberikan opini, saran, nasihat, dan solusi atas masalah dalam penyusunan karya tulis, olah data statistik, dan publikasi jurnal yang dialami oleh klien Educativa.
  3. Memberikan bimbingan olah data statistik dan interpretasinya yang tepat kepada klien Educativa.
  4. Memberikan solusi terhadap permasalahan metode dan analisis data penelitian yang dihadapi oleh klien Educativa.
  5. Membantu klien Educativa yang memiliki masalah dalam mengumpulkan data penelitian, baik berupa data primer maupun data sekunder

D. BENEFIT YANG AKAN DIDAPATKAN


  1. Tambahan penghasilan

Benefit yang akan Anda dapatkan jika menjadi Konsultan di Educativa adalah penghasilan tambahan yang besarnya tergantung pada keaktifan Anda dalam mengambil project atau tawaran job yang tersedia di grup Konsultan Educativa.

  1. Pengalaman dan pengembangan diri

Dengan menjadi Konsultan di Educativa Anda dapat belajar beberapa kemampuan seperti kemampuan analitis, berpikir kritis, komunikasi, manajemen waktu, serta hal-hal lain. Lembaga Educativa menyediakan sertifikat pengalaman kerja sebagai Konsultan Educativa dengan minimal lama bekerja sebagai Konsultan Educativa selama 6 bulan.

  1. Memperkuat pengetahuan dan keahlian

Menjadi Konsultan di Educativa akan membantu memperkuat pengetahuan yang Anda miliki. Berusaha menjelaskan suatu konsep kepada orang lain akan membantu pemahaman Anda terhadap konsep tersebut. Anda juga akan terus berusaha mendapatkan metode yang unik untuk setiap klien Educativa dengan karakter yang berbeda-beda, sehingga dapat mengasah keahlian Anda di bidang tersebut.

  1. Fleksibilitas

Sistem kerja di Educativa bersifat fleksibel. Anda dapat mengambil dan mengerjakan job/project dari klien sesuai dengan kemampuan dan waktu luang yang Anda miliki.

  1. Bebas menentukan beban kerja

Manfaat lain dari menjadi Konsultan di Educativa adalah kemampuan untuk memilih preferensi beban kerja Anda. Anda dapat mengambil project sebanyak yang Anda inginkan dan mengatur jam kerja Anda sendiri, dengan catatan pekerjaan tetap selesai sesuai atau sebelum deadline yang ditentukan.

E. JENIS LAYANAN EDUCATIVA


Menjadi Konsultan di Educativa artinya mengetahui dan menyetujui jenis-jenis layanan atau tawaran job/project yang ada di Educativa, yaitu sebagai berikut:

  1. Jasa Olah dan Analisis Data
    • Olah dan analisis data dengan software statistik seperti SPSS, Stata, SmartPLS, Eviews, AMOS, R/RStudio, Python, Minitab, Lisrel, Matlab, ArcGIS, QGIS, JASP, Midas, dan lain sebagainya
    • Analisis Data Kualitatif secara manual atau menggunakan software analisis data seperti NVivo, Transana, MAXQDA, dan lain sebagainya
    • Konsultasi Olah dan Analisis Data
    • Kursus Software Statistik
  2. Jasa Bimbingan Tugas Akhir (Skripsi, Tesis, Disertasi)
    • Bimbingan Penyusunan Proposal (Bab 1-3) 
    • Bimbingan Penyusunan Hasil dan Pembahasan (Bab 4-5) 
    • Bimbingan Penyusunan Full (Bab 1-5)
    • Bimbingan Penyusunan Per Bab
    • Konsultasi Judul dan Metode Penelitian
  3. Jasa Pembuatan Instrumen Penelitian 
    • Pembuatan Kuesioner
    • Pembuatan Panduan Wawancara
    • Pembuatan Alat Instrumen
  4. Jasa Mencari Data Penelitian
    • Data Primer (Membantu mencarikan Responden/Informan/Narasumber)
    • Data Sekunder (Membantu mencarikan Data Penduduk, Ekonomi, Laporan Keuangan, dll)
  5. Jasa Pembuatan dan Publikasi Artikel Jurnal
    • Pembuatan Artikel Tanpa Publikasi
    • Pembuatan Artikel Dengan Publikasi
    • Publikasi Artikel Nasional dan Internasional
  6. Jasa lainnya menyesuaikan request dari klien dan berdasar persetujuan Admin Educativa.

F. KETENTUAN DAN SISTEM KERJA


  1. Sistem kerja sebagai Konsultan Educativa bersifat freelance atau tenaga lepas, artinya pekerjaan tidak terikat kontrak jangka panjang namun tetap memiliki ikatan kerja yang kuat terhadap lembaga Educativa.
  2. Pendapatan sebagai Konsultan Educativa besarnya fluktuatif tergantung tersedianya job/project dan keaktifan Konsultan untuk mengambil dan mengerjakan job/project dari klien.
  3. Konsultan wajib berkomitmen, menjaga nama baik Educativa, dan bekerja secara profesional sesuai dengan visi, misi dan standar operasional prosedur Educativa.
  4. Konsultan wajib berperilaku profesional, jujur, sopan, empatik dan tidak diskriminatif dalam pelaksanaan konsultasi atau kursus dengan klien Educativa.
  5. Konsultan wajib menjaga kerahasiaan dan nama baik klien serta menjaga hak kekayaan intelektual milik klien.
  6. Konsultan tidak diperbolehkan mengganti tanggung jawabnya dengan orang lain tanpa sepengetahuan Admin Educativa.

STANDARD OPERATING PROCEDURE


A. KEBIJAKAN PENGAMBILAN PROJECT


Sebelum mengambil project yang ditawarkan di grup WhatsApp Konsultan Educativa, Konsultan dapat melihat ketersediaan project dengan melihat status project pada Spreadsheet Log Activity Consultant.

Arti Status Project:

  1. Sudah diambil = Project tertera sudah deal dan sudah diambil oleh Konsultan.
  2. Sedang direview = Project tertera sedang direview oleh Konsultan dan status sewaktu-waktu bisa berubah kembali menjadi “Belum diambil” jika Konsultan cancel.
  3. Belum diambil = Project tertera belum diambil/direview oleh Konsultan dan tersedia untuk diambil oleh Konsultan.
  4. Cancel = Project cancel/tidak ada kabar dari klien selama lebih dari 3 hari.

Jika Konsultan ingin mengambil tawaran job/project yang masih tersedia, maka Konsultan berkoordinasi dengan Admin Educativa mengenai detail project dan besar fee yang akan didapatkan melalui WhatsApp. Alur pengambilan project di Educativa dapat dilihat pada flowchart di bawah ini.

Flowchart Pengambilan Project di Educativa.

Penjelasan alur pengambilan project di Educativa:

  1. Konsultan mengecek tawaran project melalui Grup WhatsApp “Konsultan Educativa” dan kemudian melihat status ketersediaan project melalui “Log Consultant Educativa” pada link berikut: https://bit.ly/projecteducativa
  2. Jika status project “Belum diambil” dan Konsultan berminat mengambil project, maka Konsultan chat kepada Admin melalui WhatsApp pribadi dengan menyebutkan nomor projectnya.
  3. Admin akan memilih Konsultan untuk project tersebut dalam waktu maksimal 1×24 jam. Namun, apabila hingga lebih dari 1×24 jam belum ada Konsultan yang mengambil, maka status akan tetap “Belum diambil” hingga project tersebut sudah diambil.
  4. Jika Admin sudah memilih Konsultan yang akan mengambil project, maka Admin akan chat pada Konsultan dan memberikan detail project tersebut ke Konsultan terpilih.
  5. Konsultan mereview detail project yang dikirimkan dan mengabarkan pada Admin bila ada pertanyaan terkait project (batas waktu review 1×24 jam).
  6. Jika tidak ada pertanyaan dan Konsultan bisa mengerjakan, dimohon segera mengabarkan Admin untuk proses penawaran fee dan Admin akan negosiasi dengan klien.
  7. Project dapat mulai dikerjakan oleh Konsultan setelah klien sudah deal (melakukan pembayaran DP) dan Admin memberi arahan pada Konsultan untuk memulai pengerjaan project.
  8. PENTING: Apabila belum ada arahan dari Admin bahwa project sudah deal dan sudah bisa dikerjakan maka jangan dikerjakan dahulu, karena ada kemungkinan klien cancel dan lembaga tidak bisa membayarkan fee kepada konsultan.

Ketentuan lanjutan terkait pengambilan project di Educativa

  1. Setiap chat pengambilan project dari konsultan yang tidak dibalas oleh Admin dalam kurun waktu 1×24 jam, maka kemungkinan besar project tersebut telah direview/diambil oleh konsultan lain.
  2. Konsultan tetap diizinkan untuk mengambil project lain dengan mengirimkan nomor project kepada Admin. Poin 1 tetap berlaku jika Admin tidak membalas chat konsultan.
  3. Penentuan Konsultan yang akan mengambil project tidak hanya mengacu pada kecepatan pengambilan project. Admin memiliki hak sepenuhnya untuk memilih Konsultan yang akan mengambil project mengacu pada beberapa faktor.

Ketentuan lain terkait proses pengerjaan project dan kebijakan privasi Konsultan Educativa

  1. Apabila Konsultan mengambil project Educativa, maka Konsultan berkomitmen untuk menyelesaikan project tersebut sesuai kontrak awal yang diberikan Admin dan/atau sesuai dengan form yang diisi oleh klien.
  2. Konsultan wajib berkoordinasi dan menjaga komunikasi dengan Admin selama proses pengerjaan project.
  3. Konsultan wajib menjaga privasi dan hak kekayaan intelektual klien berkaitan dengan project yang diambil.
  4. Apabila terdapat kendala yang dialami Konsultan selama proses pengerjaan project, maka Konsultan wajib memberi kabar kepada Admin dan lembaga Educativa berhak mencarikan solusi terbaik untuk semua pihak baik Konsultan, klien, maupun lembaga Educativa. Solusi yang dimaksud diantaranya yaitu pengalihan project kepada Konsultan lain, cancel project, refund dana milik klien, dan lain-lain.
  5. Apabila sewaktu-waktu Konsultan tidak bisa dihubungi oleh Admin hingga lebih dari 2×24 jam berhubungan dengan keperluan project dan Konsultan tidak menyertakan alasan apapun sebelumnya, maka Admin Educativa berhak untuk memberikan nomor pribadi Konsultan kepada klien untuk dihubungi secara langsung oleh klien.

Faktor yang menjadi acuan Admin dalam memilih Konsultan

  1. Kesesuaian bidang Konsultan dengan project
  2. Ketepatan waktu pengerjaan oleh Konsultan
  3. Kualitas pengerjaan oleh Konsultan
  4. Kesanggupan Konsultan menyesuaikan harga standar Educativa dan budget klien
  5. Kecepatan Konsultan mengambil project

Note: HRD dan Admin Educativa memiliki data terkait track record seluruh Konsultan. Konsultan yang memiliki track record kerja yang baik, maka akan diutamakan oleh Admin untuk diberi project, begitu juga sebaliknya.

– HRD EDUCATIVA –

B. PROSEDUR PEMBAYARAN KONSULTAN


Jadwal Pembayaran Fee Konsultan

Pembayaran fee Konsultan dilakukan dua kali (2x) dalam 1 minggu yaitu di hari Senin dan Selasa, dengan ketentuan:

  • Jika Konsultan menyelesaikan pekerjaan di hari Sabtu s/d Selasa: Pembayaran fee Konsultan akan dikirimkan pada hari Senin minggu berikutnya setelah penyelesaian project.
  • Jika Konsultan menyelesaikan pekerjaan di hari Rabu s/d Jumat: Pembayaran fee Konsultan akan dikirimkan pada hari Selasa minggu berikutnya setelah penyelesaian project.

Ketentuan Proses Pembayaran

A. Penjadwalan Transfer

  • Setiap hari Senin dan Selasa setiap minggunya, pembayaran akan diproses sesuai dengan rekening bank yang telah disediakan oleh Konsultan kepada Admin.

B. Syarat Pencairan Fee 

  • Pembayaran fee akan dilakukan setelah hasil pekerjaan akhir diselesaikan, telah diserahkan, dan disetujui oleh klien.

C. Batasan Waktu Pengerjaan

  • Fee yang ditransfer pada hari Senin berlaku untuk hasil pekerjaan akhir yang selesai maksimal di hari Selasa minggu sebelumnya.
  • Jika hasil pekerjaan akhir diselesaikan pada hari Rabu-Jumat, pembayaran fee akan ditransfer pada hari Selasa.

Ketentuan Khusus untuk Keterlambatan dan Masalah Kinerja

A. Keterlambatan Konsultan

  • Jika Konsultan terlambat atau melebihi deadline, menyebabkan klien menolak menerima hasilnya dan tidak melakukan pelunasan, maka fee maksimal yang dapat diterima oleh Konsultan adalah 50% dari total fee yang telah disepakati.

B. Tidak Pelunasan oleh Klien

  • Jika Konsultan menyelesaikan project tepat waktu, namun klien tidak melakukan pelunasan karena alasan kualitas pengerjaan yang kurang baik atau tidak sesuai dengan kontrak awal, maka:
    • Fee sebesar 50% dari total fee akan dikirimkan pada hari Senin atau Selasa minggu ke-1 setelah project selesai.
    • Jika hingga minggu ke-3 klien masih belum melakukan pelunasan, maka fee konsultan akan dibayar maksimal hingga 70% dari total fee pada hari Senin minggu ke-4 setelah project selesai.

Perkiraan Fee Konsultan


Ketika Konsultan mendapatkan project, Admin akan menyampaikan detail project beserta tawaran fee untuk project tersebut. Admin Educativa berhak menentukan jumlah fee untuk Konsultan dan menanyakan kesediaan Konsultan dengan fee yang ditawarkan. Konsultan yang bersedia mengambil project tersebut artinya telah setuju dengan fee yang ditawarkan oleh Admin.

Fee yang ditawarkan kepada Konsultan adalah fee bersih yang akan diterima Konsultan setelah sudah dipotong biaya administrasi lembaga. Berikut adalah perkiraan fee Konsultan untuk setiap jenis project di Educativa beserta ketentuan umum yang berlaku:

Perkiraan Fee Konsultan.
Ketentuan Umum Fee Konsultan.

C. KEBIJAKAN DEADLINE PROJECT EDUCATIVA


  1. Penentuan Awal Deadline Project 
    • Deadline pengiriman hasil project ditentukan di awal sesuai formulir yang sudah diisi oleh klien.
    • Konsultan dapat melakukan negosiasi pengajuan perpanjangan deadline sebelum project dimulai dan Admin akan mengkomunikasikan kepada klien.
    • Apabila klien tidak bersedia, maka deadline yang berlaku sesuai yang tercantum pada formulir project.
  2. Sanksi Keterlambatan Pengiriman Hasil Project
    • Konsultan yang melewati batas deadline pengiriman hasil project yang sudah ditentukan di awal hingga menyebabkan klien komplain dan merugikan citra perusahaan, maka akan diberikan sanksi pemotongan fee sebesar 20% dari total fee yang didapatkan. Hasil pemotongan fee tersebut akan dikembalikan kepada klien sebagai kompensasi atas keterlambatan penyelesaian project.
    • Apabila Konsultan melakukan keterlambatan pengiriman hasil project sebanyak 3x maka akan dinonaktifkan sementara sebagai Konsultan Educativa selama 7 hari.
    • Apabila Konsultan melakukan keterlambatan pengiriman hasil project lebih dari 3x maka akan direkomendasikan kepada HRD untuk dapat dilakukan pemutusan kontrak sebagai Konsultan Educativa.
  3. Pengecualian
    • Di tengah proses pengerjaan project, Konsultan dapat mengajukan perpanjangan masa deadline maksimal hingga 7 hari. Pengajuan masa deadline dapat dilakukan minimal 1 hari sebelum hari deadline. Jika klien tidak bersedia untuk memperpanjang masa deadline, maka deadline yang berlaku sesuai dengan deadline yang ditetapkan sebelumnya.
    • Untuk project publikasi artikel jurnal, pihak konsultan tidak dapat secara pasti memberikan deadline kapan LoA (Letter of Acceptance) diperoleh dan publikasi artikel dapat dilakukan, sehingga deadline project publikasi artikel dapat didiskusikan lebih lanjut dengan klien. Pengecualian ini berlaku pada project lain yang deadlinenya tidak dapat ditentukan oleh pihak konsultan maupun klien.

D. PEMUTUSAN HUBUNGAN KEMITRAAN


  1. Lembaga Educativa berhak untuk memutuskan hubungan kemitraan dengan Konsultan atau tidak memberikan tawaran project atau job kepada Konsultan apabila Konsultan terbukti tidak mentaati ketentuan dan Standard Operational Procedure yang berlaku.
  2. Konsultan yang dalam kurun waktu lebih dari 1 tahun tidak pernah mengambil job/project maka pihak Educativa berhak menanyakan kesanggupan sebagai konsultan Educativa. Apabila telah 2x dihubungi namun tidak ada timbal balik maka Educativa berhak memutuskan hubungan kemitraan dengan Konsultan.